KETERAMPILAN DASAR BERMAIN ROUNDERS SISWA KELAS V DI SD NEGERI MINOMARTANI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018

Ade Tri Nugroho, , Indonesia

Abstract


Abstrak  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain rounders siswa
kelas V di SD Negeri Minomartani 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode
penelitian ini adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa putra dan putri kelas V di SD Negeri Minomartani 2
Sleman yang berjumlah 18 siswa, dengan rincian siswa putra berjumlah 12 dan siswa putri berjumlah
6 siswa. Instrumen yang digunakan mengukur kemampuan dasar bermain rounders yaitu tes
kemampuan dasar bermain rounders yang terdiri dari melempar, memukul, dan menangkap bola.
Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat
keterampilan dasar bermain rounders siswa kelas V di SD Negeri Minomartani 2 Sleman berada
pada kategori sangat rendah sebesar 0%, rendah sebesar 38,89%, sedang sebesar 27,78%, tinggi
sebesar 27,78%, dan sangat tinggi sebesar 5,56%. (2) Tingkat keterampilan dasar bermain rounders
siswa putra kelas V di SD Negeri Minomartani 2 Sleman berada pada kategori sangat rendah sebesar
0%, rendah sebesar 33,33%, sedang sebesar 41,67%, tinggi sebesar 16,67%, dan sangat tinggi
sebesar 8,33%. (3) Tingkat keterampilan dasar bermain rounders siswa putri kelas V di SD Negeri
Minomartani 2 Sleman berada pada kategori sangat rendah sebesar 0%, rendah sebesar 50,00%,
sedang sebesar 0%, tinggi sebesar 50,00%, dan sangat tinggi sebesar 0%.

Kata kunci: keterampilan dasar, bermain rounders, siswa kelas V


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.