MOTIVASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GADEN TRUCUK KLATEN DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muhammad - Khoirudin,

Abstract


Abstrak  
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran senam lantai yang dilakukan di Sekolah
Dasar Negeri 1 Gaden belum berjalan secara maksimal dikarenakan sebagian siswa kelas IV SD
N 1 Gaden tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran senam lantai sehingga ketika
pembelajaran berlangung siswa tidak memperhatikan dan sibuk ramai sendiri. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui motivasi dari siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Gaden
terhadap pembelajaran senam lantai tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik
pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SD Negeri 1 Gaden yang berjumlah 24 responden. Uji validitas instrumen
menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil 30 butir soal dinyatakan valid dan 4
soal dinyatakan tidak valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach  dan
memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,923 sehingga instrumen yang berisi butir-butir
pernyataan tersebut adalah reliabel. Teknik analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk
persentase motivasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Gaden terhadap pembelajaran senam lantai
tahun pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Gaden terhadap
pembelajaran senam lantai tahun pelajaran 2016/2017 secara keseluruhan adalah 2 siswa
(8,33%) dalam kategori sangat baik, 14 siswa (58,33%) dalam kategori baik, 3 siswa (12,5%)
dalam kattegori tidak baik dan 5 siswa (20,83%) dalam kategori sangat tidak baik.
 
Kata kunci: Motivasi Siswa,  Pembelajaran, Senam Lantai
 
Abstract
This research is motivated by the learning of gymnastics conducted at State Elementary
School 1 Gaden that has not run maximally because some fourth graders of SD N 1 Gaden are
not interested in following the learning of gymnastics  so that when learning takes place,
students do not pay attention and are busy themselves. This study aims to determine the
motivation of fourth graders of State Elementary School 1 Gaden in learning gymnastics
2016/2017 school year.
This research is descriptive research using survey method with data retrieval technique
using questionnaire. Subjects in this study were all students of fourth grade SD N 1 Gaden which
are 24 respondents. Instrument validity test uses Pearson Product Moment formula with the
result of 30 valid items and 4 not valid questions. Instrument reliability test uses the Cronbach
Alpha formula and it obtains reliability coefficient of 0.923 so that the instrument containing the
statement items is reliable. Descriptive analysis technique is poured in the form of percentage of
motivation of fourth graders of SD Negeri 1 Gaden in learning gymnastics of 2016/2017 school
year.
The results of the research shows that the motivation of fourth grade students of SD Negeri
1 Gaden in learning gymnastics of the academic year 2016/2017 as a whole are: 2 students
(8.33%) in very good category, 14 students (58.33%) in good category, 3 students (12.5%) in not
good category and 5 students (20,83%) in not very good category.
 
Keywords: Student Motivation,Llearning, Gymnastics

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.