PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELOMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MENGGUNAKAN PERMAINAN SUNDA MANDA PADA SISWA KELAS V SDN SINDUADI 1 KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2016

Aditya - Pamadi,

Abstract


Abstrak
Untuk meningkatkan teknik lompat jauh pada siswa SDN Sinduadi 1 Kecamatan Mlati, Kabupaten
Sleman, Yogyakarta tidaklah mudah, karena siswa Sekolah Dasar belum mempunyai otot tungkai yang
kuat untuk mendukung kestabilan dan koordinasi gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
melalui pendekatan bermain sunda manda dapat meningkatkan gerak dasar melompat pada siswa Kelas V
SDN Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode eksperimen dengan disain one
group pretest-posttest design. Instrumen berupa tes lompat jauh. Subjek penelitian yang digunakan adalah
siswa Kelas V SDN Sinduadi 1 yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis
penelitian ini menggunaan uji t.  
Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai thitung lebih besar daripada ttabel (10,064 > 2,086),
maka Ha= diterima dan Ho = ditolak, dengan hasil tersebut  dapat disimpulkan ada peningkatan hasil
belajar gerak dasar melompat dengan menggunakan pendekatan bermain sunda manda siswa kelas V
SDN Sinduadi 1 Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tahun 2016.

Kata kunci : gerak dasar melompat, bermain sunda manda, siswa kelas V
 

Abstract
To improve technique of long jump for students of SDN (State Elementary School) Sinduadi 1
Mlati District, Sleman Regency, Yogyakarta is not easy because elementary school students do not have
strong leg muscles to support the stability and coordination of motion. The research aims to determine
whether through the Sunda Manda playing approach can improve the basic movement of jumping on the
fifth grade students in SDN Sinduadi 1, District Mlati, Sleman Regency, Yogyakarta.
This research was descriptive research using experimental method with one group pretest- posttest
design. The instrument was long jump test. The subjects of this research were students of Grade V in
SDN Sinduadi 1 consisting of 20 students. The data analysis technique to test the research hypothesis was
by using t test.
Based on the research result, it is found that tcalculate is more than ttable (10,064> 2,086), Ha =
accepted and Ho = declined, according to the result, it can be concluded there is an increase of learning
outcome of jumping basic movement by using Sunda Manda playing approach of fifth grade students in
SDN Sinduadi 1 Mlati District, Sleman Regency, Yogyakarta in 2016.

Keywords : jumping basic movement, playing Sunda Manda, fifth grade students




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.