HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DAN JENJANG PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN ANAK KELAS A DI TK NEGERI 2 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dan jenjang pendidikan orang tua dengan kedisiplinan anak kelompok A. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, skala, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk penyajian data, serta korelasi procut moment dan spearman untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif, namun tidak signifikan antara pola asuh demokratis dengan kedisiplinan anak dengan r sebesar 0,082. Korelasi jenjang pendidikan ayah dengan kedisiplinan anak menunjukkan nilai p sebesar 0,362 atau signifikansi > 0,05 sehingga Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara jenjang pendidikan ayah kedisiplinan anak. Korelasi jenjang pendidikan ibu dengan kedisiplinan anak menunjukkan nilai p sebesar 0,031 atau nilai signifikansi < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara jenjang pendidikan ibu dengan kedisiplinan anak.
Kata Kunci: pola asuh, jenjang pendidikan, kedisiplinan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.