MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE SHOW AND TELL

Titin Lastutiasih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK ABA VII Purwosari melalui metode show and tell. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Subjek penelitian adalah 10 anak berusia 5-6 tahun, terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila jumlah anak yang masuk kriteria baik (76%-100%) mencapai persentase 70% dari subjek. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbicara anak meningkat setelah dilakukannya metode show and tell. Pada kegiatan Pratindakan, persentase jumlah anak dengan kriteria keterampilan berbicara baik sebesar 20%, pada Siklus I meningkat menjadi 40%, dan pada Siklus II kembali meningkat menjadi 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena persentase sudah mencapai 70%. Langkah-langkah metode show and tell yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara meliputi: (1) anak dibagi dalam kelompok kecil; (2) anak dan guru melakukan tanya jawab terkait tema; (3) anak diberi contoh bagaimana melakukan metode show and tell; (4) anak melakukan show and tell secara bergiliran; (5) anak diberi reward berupa pujian.

 

Kata kunci: keterampilan berbicara, metode show and tell.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.