PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA MAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran sentra main peran pada anak usia 5-
6 tahun di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber
data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles &
Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Perencanaan pembelajaran sudah lengkap sesuai dengan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 meliputi prosem,
RPPM, dan RPPH; (2) Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan sesuai dengan pedoman pembelajaran sentra
dengan menggunakan empat pijakan main, yaitu: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama
main, dan pijakan setelah main; (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian perkembangan anak telah sesuai
dengan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 berupa catatan anekdot, skala capaian perkembangan harian, dan
analisa hasil karya; (4) Faktor pendukungnya yaitu: sarana dan prasarana memadai, pemahaman guru, kreativitas
guru, biaya, kesiapan guru, support warga sekolah, dan referensi yang cukup; (5) Faktor penghambatnya yaitu:
penyediaan alat main kadang mengalami kesulitan, kreativitas guru yang stagnan, pemahaman guru, biaya,
persiapan lebih lama dan rumit, adanya ekstrakurikuler pagi, dan kondisi anak.
Kata Kunci: pembelajaran, sentra main peran
6 tahun di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber
data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles &
Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Perencanaan pembelajaran sudah lengkap sesuai dengan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 meliputi prosem,
RPPM, dan RPPH; (2) Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan sesuai dengan pedoman pembelajaran sentra
dengan menggunakan empat pijakan main, yaitu: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama
main, dan pijakan setelah main; (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian perkembangan anak telah sesuai
dengan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 berupa catatan anekdot, skala capaian perkembangan harian, dan
analisa hasil karya; (4) Faktor pendukungnya yaitu: sarana dan prasarana memadai, pemahaman guru, kreativitas
guru, biaya, kesiapan guru, support warga sekolah, dan referensi yang cukup; (5) Faktor penghambatnya yaitu:
penyediaan alat main kadang mengalami kesulitan, kreativitas guru yang stagnan, pemahaman guru, biaya,
persiapan lebih lama dan rumit, adanya ekstrakurikuler pagi, dan kondisi anak.
Kata Kunci: pembelajaran, sentra main peran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.