IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI KELOMPOK BERMAIN AMONG SIWI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran permainan tradisional di Kelompok Belajar Among Siwi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskripsi dan analisis. Subyek dari penelitian adalah kepala sekolah, guru dan wali murid Kelompok Bermain Among Siwi. Pengumpulan data diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian yaitu : 1) Implementasi pembelajaran permainan tradisional di kelompok bermain Among Siwi, dikemas dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) factor pendukungnya adalah sarana dan prasarana lembaga, letak dari Kelompok Bermain Among Siwi yang berada ditengah Kampung Dolanan Anak. 3) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran adalah adanya perbedaan budaya dari orang tua dengan pembelajaran permainan tradisional yang berlangsung dan adanya pandemi covid – 19 yang mengharuskan peserta didik melaksanakan pembelajaran di rumah.
Kata kunci: Implementasi, pembelajaran permainan tradisional, Kelompok Bermain Among Siwi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.