PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SECARA DARING DI TK KEBONROMO 4
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca permulaan secara daring di TK Kebonromo 4. Fokus penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran membaca permulaan secara daring di TK Kebonromo 4 meliputi prosem, RPPM (BDR) dan RPPH (BDR) dan pembelajaran membaca permulaan tambahan perencanaanya dengan rapat guru dan kepala sekolah. (2) Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan secara daring di TK Kebonromo 4 dengan media pembelajaran bahan alam dan buku AISM, pembelajaran membaca permulaan secara online dan offline dilakukan 2 kali seminggu, (3) Dalam tahap evaluasi, guru menilai dengan pembelajaran langsung dan hasil karya serta melaporkan melalui buku rapot kepada orang tua, (4) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran membaca permulaan secara daring yaitu orang tua, peserta didik, guru dan fasilitas.
Kata kunci: Pembelajaran Membaca Permulaan, Daring, TK Kebonromo 4.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.