PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PENANAMAN NILAI AGAMA MORAL KELOMPOK B TK ABA SUTOPADAN BANTUL

Nabila Palupi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan metode bercerita dalam penanaman nilai agama dan moral, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode bercerita, 3) Perkembangan sikap religius, jujur dan sopan santun pada kelompok B di TK ABA Sutopadan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, serta peserta didik kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode bercerita pada kelompok B merupakan kegiatan rutin setelah hafalan surah, Jum’at minggu ketiga serta perayaan hari raya besar islam, 2) Faktor pendukung yaitu adanya kemampuan guru, materi cerita, kerjasama antar guru, serta alat pendukung. Selain itu faktor penghambat yaitu banyak jeda dalam bercerita, 3) Perkembangan sikap religius, jujur dan sopan santun pada peserta didik kelompok B secara keseluruhan sudah baik, hal ini terkait dengan lebih banyak jumlah peserta didik yang masuk dalam kategori selalu memunculkan indikator sikap tersebut.  

 

Kata kunci: metode bercerita, religius, jujur, sopan santun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.