PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI TK ABA SUTOPADAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter religius dan peduli lingkungan di TK ABA Sutopadan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini yaitu TK ABA Sutopadan Bantul dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru, dan wali murid. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dibentuk dalam proses kegiatan yaitu: 1) kegiatan rutin yang dilakukan warga sekolah setiap hari, seminggu sekali, maupun sebulan sekali sekali; 2) kegiatan spontan dilakukan oleh guru maupun anak pada saat itu juga tanpa direncanakan; 3) pengkondisian diciptakan untuk mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter baik secara fisik maupun nonfisik; serta 4) keteladanan ditunjukkan oleh guru maupun anak dengan memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik ketika di sekolah.
Kata kunci: pendidikan karakter, budaya sekolah, religius, peduli lingkungan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.