KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS I KECAMATAN SENTOLO KULON PROGO

Yahenda Deni Saputri,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data kemampuan membaca permulaan anak-anak kelas B di TK Gugus I Kecamatan Sentolo. Penelitian ini fokus pada kemampuan menyuarakan huruf abjad, menulis nama sendiri, menyuarakan suku kata yang sama, dan menyuarakan suku kata menjadi kata. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 160 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes dengan menggunakan checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak TK kelompok B di Gugus I Kecamatan Sentolo termasuk dalam kategori sangat mampu dengan persentase 86,17%. Persentase tersebut didapatkan dari indikator menyuarakan huruf abjad dengan persentase 80,47% dalam kriteria mampu, menulis nama sendiri dengan persentase 93,44% dalam kriteria sangat mampu, menyuarakan huruf awal yang sama dengan persentase 92,66% dalam kriteria sangat mampu, dan menyuarakan suku kata menjadi kata sebesar 78,13% dalam kriteria mampu.

 

Kata kunci: kemampuan, membaca permulaan, TK Kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.