TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS V MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Lupita Astarina Hani Putranti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Gugus V Mlati Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok A di Gugus V Mlati yang berjumlah 266 anak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 147 anak, dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan yaitu teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan motorik kasar yang meliputi indikator menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dan sebagainya, melakukan gerakan menggantung (bergelayut), melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi, melempar sesuatu secara terarah, menangkap sesuatu secara tepat, melakukan gerakan antisipasi, menendang sesuatu secara terarah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak pada anak kelompok A di TK Gugus V Mlati Sleman Yogyakarta pada kategori berkembang sangat baik (BSB) terdapat 0 anak (0,00%), kategori berkembang sesuai dengan harapan (BSH) terdapat 82 anak (55,78%), kategori mulai berkembang (MB) terdapat 64 anak (43,54%), dan sebanyak 1 anak (0,68%) kategori belum berkembang (BB).

 

Kata kunci: kemampuan motorik kasar, anak TK A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.