PELIBATAN ORANG TUA DALAM PROGRAM SEKOLAH DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelibatan orang tua dalam program sekolah di TK Khalifah Wirobrajan. Pelibatan orang tua merupakan partisipasi orang tua dalam pendidikan anak baik di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian ini 10 orang yang terdiri dari 2 guru, 1 kepala sekolah, dan 7 orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk pelibatan yang ditemukan dalam program sekolah yaitu parenting, komunikasi, volunteer, dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat. Peran orang tua yakni sebagai pendukung, siswa dan penasihat; 2) Manfaat pelibatan orang tua yang didapatkan dari pihak sekolah yaitu sosialisasi sekolah dengan orang tua sebagai agen sosialisasi dan memperlancar progam, orang tua memperoleh informasi mengenai perkembangan anak dan menambah wawasan dan keterampilan, anak meningkatkan motivasi dan prestasi belajar; 3) Upaya yang dilakukan sekolah dalam pelibatan orang tua yaitu komunikasi proaktif, menciptakan lingkungan yang nyaman dan mencarikan waktu yang tepat; dan 4) Faktor pendukung pelibatan yaitu, kesadaran dan kepedulian orang tua terhadap pendidikan dan perkembangan anak dan keberhasilan sekolah dalam menciptakan lingkungan yang nyaman, 5) Sedangkan faktor penghambat yaitu, kesibukan orang tua.
Kata kunci: pelibatan orangtua, program sekolah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.