KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB SE-GUGUS 5 KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui jumlah persentase kemampuan membilang anak usia 3-4 tahun dengan indikator kemampuan menyebut angka secara urut dan menunjuk angka melalui kegiatan pengenalan bilangan di KB se-Gugus 5 Kecamatan Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini terdapat 6 KB dengan jumlah 73 anak. Sampel penelitian ini sejumlah 42 anak dengan rentang usia 3-4 tahun. Validitas yang digunakan penelitian ini adalah validitas konstruk. Realibilitas diuji menggunakan koefisien stabilitas dengan perolehan 0,94 (predikat sangat tinggi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menggunakan lembar observasi berupa checklist. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa kemampuan membilang anak usia 3-4 tahun di KB se-Gugus 5 Kecamatan Piyungan adalah 46,09% dengan predikat cukup baik. Pada kemampuan menyebut angka secara urut memiliki rata-rata persentase 41,04% dan pada kemampuan menunjuk angka memiliki rata-rata persentase 51,15% dengan predikat cukup. Rata-rata kemampuan membilang anak menempati deskripsi indikator ke dua.
Kata kunci: kemampuan membilang, anak usia 3-4 tahun, kelompok bermain
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.