IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK BATIK PPBI YOGYAKARTA

Fristyana Aningrum,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini serta faktor penghambat dan pendukungnya di kelompok B TK Batik PPBI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Batik PPBI Yogyakarta yang meliputi kepala TK, guru, dan 54 anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian meliputi: 1) Implementasi pendidikan karakter anak usia dini sudah dilakukan di kelompok B TK Batik PPBI Yogyakarta yangmeliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dimana terdapat 13 nilai pendidikan karakter yang diimplementasikan di TK. 2) Faktor pendukung pendidikan karakter meliputi: papan slogan dan poster pembiasaan, sarana  dan prasarana yang memadai, dan ekstrakurikuler yang mendukung pembiasan anak dalam pendidikan karakter, sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter meliputi: kurangnya kerjasama dari orang tua, perbedaan pola asuh orang tua pada peserta didik dan perbedaan kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

 

Kata kunci : pendidikan karakter,  anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.