PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA SESUAI NOP DEVELOPING OF DIRECT INSTRUCTION MODEL LEARNING DEVICE TO ENHANCE LEARNING OUTCOME OF HIGH SCHOOL STUDENTS CORRESPOND TO NOP
Suharyanto Suharyanto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasikan perangkat pembelajaran fisika model Direct Instruction yang layak untuk pembelajaran fisika pada materi kinematika gerak lurus untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran model Direct Instruction untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai Nature of Physics(NOP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research & Development) 4D Models yang terdiri atas tahap define, design, develop, disseminate.Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen penilaian.Produk awal perangkat pembelajaran divalidasikan pada validator ahli dan validator praktisi. Setelah melewati tahap validasi maka perangkat yang terevisi diujikan pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Sanden. Melalui hasil analisis diketahui bahwa perangkat pembelajaran model Direct Instruction layak dengan dengan kualitas sangat baik.Perangkat pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar sesuai Nature of Physics. (gain aspek kognitif 0,61 serta pencapaian aspek afektif dan psikomotor dalam kategori sangat baik).
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Direct Instruction, Nature of Physics
Abstract
This research is aimed to produce a feasible physics learning device model Direct Instruction for physics learning with kinematics linear motion subject matter. This research aimed to determine effectiveness learning device to enhance learning outcome of student correspond to Nature of Physics (NOP). This research use a Reseach and Development 4D Models method which consists of step define, design, develop, disseminate. The learning instruments which developed are Lesson Plan, Student Worksheet, and assesment instruments. The initial product were validated by expert and practitioner validator. Then, the initial product were tested on Sanden Senior High School first grader. From the result of analysis, the learning instrument expedience quality is very good. The learning device effective to enhance learning outcome of cognitive aspect correspond to Nature of Physics. (gain score 0.61 in medium categories. The achievement of affective and psychomotor aspect in excellent categories).
Keyword: Learning Device, Direct Instruction, Nature of Physics
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i4.980
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |