PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PESERTA DIDIK ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMA DEVELOPMENT OF STUDENT INSTRUMENT ASSESSMENT IN AFFECCTIVE AND PSYCHOMOTORIC ASPECT AT THE MODEL OF COOPERATIVE LEARNING STAD TYPE WITHIN PHYSICS IN HIGH SCHOOL

LIA SEPTIANA, , Indonesia
Juli Astono, M.Si, , Indonesia
Juli Astono, M.Si, , Indonesia

Abstract


Intisari- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran fisika pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) mengetahui hasil penilaian aspek afektif peserta didik dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan (3) mengetahui hasil penilaian aspek psikomotorik peserta didik dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan produk instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran. Tahap develope dilakukan melalui dua langkah. Langkah pertama berupa validasi ahli dan praktisi serta serta uji coba terbatas terhadap perangkat pembelajaran dan produk yang berupa RPP, silabus, LKPD, lembar penilaian aspek afektif dan psikomotorik, serta soal pretest dan kuis individual. Langkah kedua berupa uji coba operasional produk dan perangkat pembelaajatan di SMA N 1 Wates, Kulon Progo dengan subjek kelas X MIA 2 dan X MIA 3. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran instrumen penelitian di SMA N 1 Wates dan pada e-journal jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik dilihat dari analisis validitas CVI dengan nilai sebesar 1, sedangkan berdasarkan validasi uji empirik sebesar 0.8125 pada aspek afektif dan 0.75 pada aspek psikomotorik, serta reliabilitas menurut ICC pada aspek afektif sebesar 0.962 dan aspek psikomotorik sebesar 0.919 dan menurut percentage of agreement pada uji empirik untuk aspek afektif sebesar 0.81 serta aspek psikomotorik 0.88 yang dikategorikan istimewa. (2) Untuk penilaian aspek afektif peserta didik di kelas X MIA 2 terdapat 24 peserta didik dikategorikan sangat baik, 8 peserta didik dikategorikan baik dan X MIA 3 terdapat 24 peserta didik dikategorikan sangat baik dan 6 peserta didik dikategorikan baik (3) Untuk penilaian aspek psikomotorik peserta didik di kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA N 1 Wates, Kulon Progo secara berturut-turut adalah 28 dan 31 peserta didik dikategorikan sangat baik, serta 4 dan 1 peserta didik dikategorikan baik.
Kata-Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Aspek Afektif dan Psikomotorik, STAD
Abstract- This research aims to: (1) find out the feasibility of affective and psychomotoric assessment instrument of the students within phyiscs learning in cooperative learning of STAD (2) find out the students’ affective assessment result using the developed instrument (3) find out the students’ psychomotoric assesment result using the developed instrument.
This research is based on development research (R&D) using 4-D model according to Thiagarajan. Define step is the first step to describe the problems. Design step is done by developing research instrument plan. Develope step is executed to deliver RPP, syllabus, LKPD, affective and psychomotoric assessment sheet, and pretest questions and individual quiz that has been validated and revised based on opinions and suggestions by the validators and pratitioners, finite test realization. After executing finite test realization, the product was examined in SMA N 1 Wates, Kulon Progo with the classes of X MIA 2 and X MIA 3 as participants. Disseminate step is executed to spread the research instrument within small scale in SMA N 1 Wates and toward e-journal of Physics Education FMIPA UNY.
The result of this research shows: (1) affective and psychomotoric assessment instrument is suitable for physics learning and gaining very good grade seen from validity analysis CV1 based on the expert gaining grade 1. According to the empiric test validity, it gains 0.8125 for the affective aspect and 0.75 for the psychomotoric aspect, also the reliability according to ICC in affective aspect at the rate of 0.962 and psychomotoric aspect at the rate of 0.919 and according to the percentage of agreement at the empiric test for affective aspect, it gains 0.81. In addition, psychomotoric aspect gains 0.88 in which all of them are categorized as special. (2) Affective assessments of the students in X MIA 2 class are 24 students are categorized very good, 8 students are good. Meanwhile, X MIA 3 class contains 24 students are very good and 6 students are good (3) Psychomotoric assessments of the students in both X MIA 2 and X MIA 3 class in SMA N 1 Wates, Kulon Progo are 28 and 31 students are categorized very good and 4 and 1 students are good.
Keywords: assessment instrument, affective and psychomotoric aspect, STAD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i3.947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.