PERBEDAAN PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKNIK MIND MAP DAN POSTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA N 1 PAKEM DIFFERENCES OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) USAGE WITH MIND MAP AND POSTER TECHNIQUE IN PHYSICS LEARNING OF CLASS XI REVIEWED FROM LEARNING RESULTS AND CREATIVE THINKING SKILLS OF STUDENTS AT SMA N 1 PAKEM
suyoso suyoso,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster. Desain penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random samplingdan diperoleh peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen model PBL dengan mind map dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen model PBL dengan poster. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, LKPD, tes (pre test dan post test) , lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, dengan nilai signifikansi 0,019 dan nilai thitung 2,404, dan untuk presentase keterampilan berpikir kreatif sebesar 52% dengan penugasan mind map dan 48% dengan penugasan poster, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, dengan nilai signifikansi 0,153 dan nilai thitung 1,447.
Kata-Kata Kunci: PBL,Mind Map, Poster, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar
Abstract
This research aims to: (1) figure out the difference of creative thinking skill between learners using PBL model with mind map and PBL model with poster, (2) figure out the difference of learner’s learning result using PBL model with mind map and PBL model with poster.The design of this researchwas Quasi Experiments. The determination of this research sample used cluster random sampling technique obtained by students of class XI MIPA 2 as experimental class model of PBL with mind map and class XI MIPA 1 as experimental model class PBL with poster.The research instruments were RPP, LKPD, test (pre test and post test), observation sheet of creative thinking skill, and valid and reliable learning instruction sheet.Data analysis used normality test, homogeneity, and Independent Sample T-test. The result of the study showed that: (1) there were differences of creative thinking skill among learners using PBL model with mind map and PBL model with poster with 0,019 significance value, and2,404 tcount, and for percentage of creative thinking skill were 52% with assignment of mind map and 48% with poster assignments,(2) there is no difference of learning result between students using PBL model with mind map and PBL model with poster with 0,153 significance value and 1,447 t count value. Improved learning outcomes of learners were seen based on the average standard gain of each class.
Keywords: PBL, Mind Map, Poster. Creative Thingking Skill, and Learning Result
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster. Desain penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random samplingdan diperoleh peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen model PBL dengan mind map dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen model PBL dengan poster. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, LKPD, tes (pre test dan post test) , lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, dengan nilai signifikansi 0,019 dan nilai thitung 2,404, dan untuk presentase keterampilan berpikir kreatif sebesar 52% dengan penugasan mind map dan 48% dengan penugasan poster, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model PBL dengan mind map dan model PBL dengan poster, dengan nilai signifikansi 0,153 dan nilai thitung 1,447.
Kata-Kata Kunci: PBL,Mind Map, Poster, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar
Abstract
This research aims to: (1) figure out the difference of creative thinking skill between learners using PBL model with mind map and PBL model with poster, (2) figure out the difference of learner’s learning result using PBL model with mind map and PBL model with poster.The design of this researchwas Quasi Experiments. The determination of this research sample used cluster random sampling technique obtained by students of class XI MIPA 2 as experimental class model of PBL with mind map and class XI MIPA 1 as experimental model class PBL with poster.The research instruments were RPP, LKPD, test (pre test and post test), observation sheet of creative thinking skill, and valid and reliable learning instruction sheet.Data analysis used normality test, homogeneity, and Independent Sample T-test. The result of the study showed that: (1) there were differences of creative thinking skill among learners using PBL model with mind map and PBL model with poster with 0,019 significance value, and2,404 tcount, and for percentage of creative thinking skill were 52% with assignment of mind map and 48% with poster assignments,(2) there is no difference of learning result between students using PBL model with mind map and PBL model with poster with 0,153 significance value and 1,447 t count value. Improved learning outcomes of learners were seen based on the average standard gain of each class.
Keywords: PBL, Mind Map, Poster. Creative Thingking Skill, and Learning Result
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i8.9197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |