PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI MAN YOGYAKARTA I THE DEVELOPMENT OF ASSESSMENT INSTRUMENT IN UNIFORM CIRCULAR MOTION BASED ON AUDIO VISUAL MEDIA IN MAN YOGYAKARTA I

R Mukhammad Mirwan Sabiq, , Indonesia
Suparno Suparno, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa instrumen asesmen berbasis media audio
visual yang layak digunakan, mengetahui hasil respon peserta didik dan respon observer terhadap penggunaan
instrumen asesmen berbasis media audio visual yang dikembangkan serta mengetahui hasil belajar peserta didik
dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan menggunakan instrumen asesmen berbasis media audio
visual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari model 4D oleh Thiagarajan dan
Semmel (1974:5). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: (1) Defining (pendefinisian); (2)
Designing (perancangan); (3) Developing (pengembangan); (4) Disseminating (penyebaran). Instrumen penelitian
berupa RPP, LKPD, instrumen asesmen berbasis media audio visual dan angket respon pengguna. Instrumen
pengambilan data berupa angket validasi instrumen penelitian, instrumen asesmen berbasis media audio visual dan
angket respon pengguna. Teknik analisis data yaitu uji validitas isi instrumen penelitian dengan menggunakan CVR
dan CVI, uji validitas empiris dan reliabilitas instrumen asesmen dengan menggunakan program ITEMAN dan
program SPSS 22 serta uji tingkat kegunaan produk dengan menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil yang
diperoleh adalah instrumen asesmen berbasis media audio visual yang layak digunakan dengan melihat validitas isi,
validitas empiris, nilai reliabilitas soal pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan serta didukung dengan skor
respon peserta didik dan respon observer. Pada uji coba terbatas reliabilitas soal aspek kognitif, afektif dan
psikomotor secara berurutan 0,530 dengan kategori cukup reliabel; 0,667 dengan kategori baik dan 0,511 dengan
kategori cukup. Pada uji coba lapangan reliabilitas soal aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara berurutan
0,685 dengan kategori cukup reliabel; 0,539 dengan kategori cukup dan 0,513 dengan kategori cukup. Skor respon
peserta didik terhadap instrumen asesmen berbasis media audio visual untuk materi gerak melingkar beraturan pada
uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara berurutan adalah 4,07 dengan kategori baik dan 4,04 dengan kategori
baik. Skor respon observer terhadap instrumen tersebut pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara
berurutan bernilai adalah 4,44 dengan kategori sangat baik dan 4,31 dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : instrumen asesmen, media audio visual, gerak melingkar beraturan
Abstract
The purposes of this research were to produce audio visual media based assessment instrument for uniform
circular motion, to reveal student’s and observer’s response on the use of the developed assessment and to
understand student’s study results on cognitive, affective and psychomotor aspects by using the assessment
instrument. This research was a development research adopting 4D model by Thiagarajan and Semmel. The
instruments of this research were lesson plan, students worksheet, audio visual media based assessment instrument
and users response sheet. The instrument content validity test was done by using CVR and CVI. The empiric
validity and reliability test of the assessment instrument was done by using ITEMAN and SPSS 22 program and the
level of usefulness of the product was done by using the ideal assessment criteria. The results showed that audio
visual media based assessment instrument was feasible. The reliability value for cognitive, affective and
psychomotor aspects during limited test were 0,530 belonged to sufficient category; 0,667 belonged to good
category and 0,511 which was in sufficient category. The reliability value for the three aspects during field test
were 0,685; 0,539 and 0,513 respectively which were all in sufficient category. The response value of students
during limited test and field test were 4,07 and 4,04 respectively which were all in good category. The response
value of observers during limited test and field test are 4,44 and 4,31 respectively which were all in very good
category.
Key Word : assessment instrument, audio visual media, uniform circle motion

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i7.2912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.