PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SOFTWARE iSpring Suite 10 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PESERTA DIDIK SMA

Syonia Syafitri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif hasil pengembangan berbasis software iSpring Suite 10 yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik SMA pada pokok bahasan Gerak Parabola. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development ADDIE Models yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA N 3 Mandau tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data kelayakan media menggunakan Simpangan Baku Ideal (SBi), peningkatakan minat belajar dan penguasaan materi menggunakan standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif hasil pengembangan berbasis software iSpring Suite 10 layak digunakan dalam kategori baik, serta peningkatan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif hasil pengembangan berbasis software iSpring Suite 10 termasuk kategori sedang.

Full Text:

PDF PDF

References


Bahrodin, A., & Widiyati, E. (2021). Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas Vi Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. SAINSTEKNOPAK, 5(1).

Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Mundilarto. (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: JICA FMIPA UNY.

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta : UNY PRESS.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Tani, S., & Elvin Y. E. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 7(2), 13-16.

Usman, Uzer. (2003). Menjadi guru professional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 65-84.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.22346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.