PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN PENCAPAIAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK

Maria Macdalena Nur Meilinda, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan peningkatan penguasaan materi Alat Optik dalam Kehidupan Sehari-hari antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan Metode Make a Match, model pembelajaran kooperatif, dan model konvensional dengan metode ceramah; (2) mengetahui adanya perbedaan pencapaian sikap kerjasama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan metode Make a Match, model pembelajaran kooperatif, dan model konvensional dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental research dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII salah satu SMP negeri di Kabupaten Sleman. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik Tes dan Non-Tes. Instrumen yang digunakan adalah RPP, LDPD, perangkat permainan Make a Match, lembar soal pretest dan posttest, lembar observasi sikap kerjasama peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi instrumen. Teknik analisis yang digunakan adalah N-Gain, Manova, effect size, dan analisis ketercapaian sikap kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada materi Alat Optik dalam Kehidupan Sehari-hari yang ditunjukkan dengan nilai N-Gain untuk peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Make a Match sebesar 0,71 (tinggi), model pembelajaran kooperatif sebesar 0,49 (sedang) dan model pembelajaran konvensional sebesar 0,51 (sedang); (2) terdapat perbedaan pencapaian sikap kerjasama peserta didik yang ditunjukkan dengan ketercapaian sikap kerjasama untuk peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Make a Match sebesar 89,61% (sangat baik), model pembelajaran kooperatif sebesar 83,52% (sedang), dan model pembelajaran konvensional sebesar 80,00% (sedang).

Keywords


model pembelajaran kooperatif tipe STAD; metode make a match; hasil belajar fisika; pencapaian sikap kerjasama; alat optik dalam kehidupan sehari-hari

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anwar, A. S., dan Puspawati, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 3(3).

ANSEN, M. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMA NEGERI 1 TAMPAHAN. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3).

Astuti, L. H. (2022). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Alat Laboratorium melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Make a Match pada Peserta Didik di SMA Putra Bangsa Depok. INTELEKTIUM, 3(2).

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., dan Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5).

Rahono, D., Sunarno, W., dan Cari. (2014). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Problem Solving melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dna Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(3).

Suryati, E. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKN Tema 2 Tentang Aturan Yang Berlaku di Rumah. Melalui Model Make a Match Berbantuan Powerpoint Pada Siswa Kelas I. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.21908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.