PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN VIRTUAL LAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP

Nurhamidah Luthfianingrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumarna Sumarna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan virtual lab dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Peneliti memeroleh data dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan memberikan posttest setelah diberi perlakuan serta melakukan wawancara dan observasi di sekolah yang akan dilakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan virtual lab tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik namun efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hal ini menyoroti kompleksitas dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat pembelajaran yang mampu memberikan dampak yang bervariasi tergantung pada tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Selain itu motivasi belajar peserta didik juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Keywords


motivasi belajar; pemahaman konsep; problem based learning; virtual lab

Full Text:

PDF PDF

References


Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Isntrumen Berbantukan Quizizz. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1707

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126

Etikamurni, D. P., Istyowati, A., & Ayu, H. D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning-Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains & Teknologi Rainstek, 5(2), 180–189. ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Haryanti, I., Kurniawati, Y., & Lubis, F. H. (2023). Penerapan Virtual Laboratory Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(1), 42. https://doi.org/10.24014/jcei.v2i1.21771

Hermanto, I. M., Nurhayati, Tahir, I., & Yunus, M. (2023). Penerapan Model Guided Context-and Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Gelombang Bunyi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 151–162. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.36233

Nasrah, Muafiah, A. (2020). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto, Ed.). CV. Alfabeta.

Sukenti, E. (2021). Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 05(April), 26–29. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Wantiana, I., & Mellisa, M. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(3), 1461–1465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5149

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.21881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.