PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES DESIGN THINKING

Anita Puspita Ningrum, Universitas Negeri Yogyakarta
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Model pembelajaran yang dianjurkan dalam Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran PjBL, namun pada penerapannya belum banyak digunakan. Selain itu, kemampuan proses design thinking masih belum banyak dimiliki oleh peserta didik SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan perangkat pembelajaran PjBL materi momentum dan impuls yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan proses design thinking di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji independent t-test digunakan untuk mengetahui signifikansi perbedaan kemampuan proses design thinking pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran PjBL materi momentum dan impuls yang telah dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan proses design thinking peserta didik di SMA.

Keywords


perangkat pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), kemampuan proses design thinking

Full Text:

PDF

References


Ady, W. N., & Warliani, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA Terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF), 02(1), 104-108. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599.

Borich, G. D. (2019). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Brown, T. (2008). Harvard Business Review. From www.hbr.org.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA.

Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Istiyono, E. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern. Yogyakarta: UNY Press.

Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personel Psychology, 28(4), 563-575. DOI: http://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x.

Purnomo, D. (2013, 18-19 Februari). Mendidik dan Menciptakan Inovator dan Technopreneur. Paper presented at the Konferensi Nasional Inovasi dan Technopreneurship 2013, Bogor. From https://www.researchgate.net/publication/348213977_Konsep_Design_Thinking_Bagi_Pengembangan_Rencana_Program_Dan_Pembelajaran_Kreatif_Dalam_Kurikulum_Berbasis_Kompetensi.

Pratama, A. A., Harinanto, E., Faza, G., & Mulyati, S. (2022). Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan Design Thinking Bagi Siswa SMA N 1 Sleman. Sewagati, 01(4), 61-76. DOI: https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.268.

Mawarni, I. A. S. D., Akbar, R., & Mukhlis, A. M. A., (2019). Design Thinking Sebagai Metode Edukasi Kreatif Anak Usia Remaja. From https://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/611/355.

Setiaji, B. (2019). Modul SPSS Statistika. Yogyakarta: UNY.

Setyawarno, D. (2017). Uji Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: UNY.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana Univ.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gregory, R. J. (2015). Psychological Testing History Principles, and Applications Seventh Edition. Boston: Allyn&Bacon.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.21705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.