PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Vevi Alwi Novianty Br Batubara, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis dan minat belajar peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta denga subjek penelitian berjumlah 3 kelas yaitu 1 kelas uji coba terbatas dan 2 kelas uji coba lapangan. Kelayakan E-LKPD divalidasi oleh oleh dosen pendidikan fisika sebagai ahli dan guru fisika SMA sebagai praktisi. Penelitian ini menghasilkan: 1) media pembelajaran E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan kemampuan analisis peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,36; 3) peningkatan minat belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,66.

Keywords


Media Pembelajaran; E-LKPD; inkuiri terbimbing; kemampuan analisis; minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Iqbal, M., Simarmata, J., & Feriyansyah, F. (2018). Using Google form for Student Worksheet as Learning Media. International Journal of Engineering & Technology, 321-324.

Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus tradisional methods: A sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics. American Journal of Physic, 64-74.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional : menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pee, B., Woodman, T., Fry, H., & Davenport, E. S. (2002). Appraising and Assessing Reflection in Student’s Writing on a Structure Worksheet. Journal of Medical Education, 575-585.

Ruwanto, B. (2015). Fisika Is So Fun. Yogyakarta: PT Kanisius.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i1.20723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.