PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA LUMI EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI

Putri Dea Depany, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan media pembelajaran fisika berbasis aplikasi Lumi Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis PPT pada peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen dengan rancangan pretest dan posttest only one grup. Penelitian ini dilakukan di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta pada materi Hukum Gravitasi Newton dan Hukum Kepler. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sampel T-Test untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis aplikasi Lumi Education memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi dengan masing-masing peningakatan sebesar 0,59 dan 0,46 dalam kategori sedang. 

Kata Kunci: Lumi Education; Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Komunikasi.


Full Text:

PDF

References


Anggareni, N.W., Ristiati, N.P. dan Widiyanti, N.L.P.M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA,1(3):61-76.

Giancoli, D.C. (2014). Fisika prinsip dan aplikasi. (Terjemahan Irzam Hardiyansah). Jakarta: Erlangga. (Edisi asli diterbitkan oleh Pearson Education Inc).

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep

Dan Inidikator Penilaian. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD- An, 1(2), 127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945

Sastaviana, D. O., dkk. (2022). Problem-based Learning Mode Daring Untuk Meningkatkan Kamampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Di SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1, Hal 87-102.

Sihabudin. (2021). Blended Learning Strategi Pembelajaran di Era Digital.

Malang: Pustaka Learning Center.

Sumandal, Allan.H. (2023). Development and Evaluation of Education Games Using Lumi Education in General Biology 1 for STEM Students: Basis for Recommended Supplementary Teaching Materials. American Journal of Education and Technology (AJET), 1(4), 13-23. : https://doi.org/10.54536/ajet.v1i4.1089

Tobing, M., & Admoko, S. (2017). Pengembangan Media Infografis pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 19 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 196-202. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/20457

Yusof F. M., & Halim, H. (2014). Understanding Teacher Communication Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 155(October), 471–476. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.324




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v10i1.19458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.