PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE GUNA MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis software articulate storyline yang layak digunakan dalam pembelajaran materi usaha dan energi, mengetahui kategori peningkatan sikap ilmiah dan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran fisika berbasis software articulate storyline dalam pembelajaran materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan dissemination. Subjek penelitian adalah peserta didik dari kelas X dan XI MIPA di SMA Negeri 1 Talun tahun ajaran 2021/2022. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas pada uji coba lapangan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis software articulate storyline yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi usaha dan energi, media pembelajaran fisika berbasis software articulate storyline yang telah dikembangkan mampu meningkatkan sikap ilmiah peserta didik pada uji coba lapangan dengan kategori peningkatan sedang dan pemahaman konsep dengan kategori peningkatan tinggi.
Kata Kunci: media pembelajaran; articulate storyline; sikap ilmiah; pemahaman konsep.
Full Text:
PDFReferences
Amiroh. (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.
Amri. (2016), Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Biotek, 4 (1), 52-69.
Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (1), 82-95.
Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pebelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 3 (1), 1-12.
Aswirna, P., et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash pada Materi Kalor, Perpindahan Kalor serta Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 66-80.
Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1 (1), 82-93.
Azhari, S., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10 (2), 91-100.
Bakar, I. S. A., & Sugiyarto. (2019). Pengembangan Visualisasi Tiga Dimensi Virtual Reality (3D-VR) terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. Tesis magister, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Diraya, I., Budiyono, A., & Triastutik, M. (2021). Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Phenomenon, 11 (1), 45-56.
Hetmina, D. S. (2019). Pengembangan SSP Fisika Berbantuan Kearifan Lokal Sasando Melalui Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. Tesis magister, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Hia, F. S., & Sulandri, S. A. (2016). Persepsi Siswa SMA se Kabupaten Nias Barat Terhadap Fisika. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXX HFI Jateng & DIY, Salatiga, 81-84.
Husain, R., & Ibrahim, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline di Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7 (3), 1365-1374.
Insani, S. N., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2021). Pemanfaatan PhET sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis STEM untuk Menghadapi Tantangan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika, 10 (2), 104-111.
Ishak. (2019). Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional Mata Pelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Luwu Timur Berdasarkan Teori Respon Butir. Tesis, Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Kaniawati. (2017). Pengaruh Simulasi Komputer terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls Momentum Siswa SMA. Jurnal Pemnealajran Sains, 1 (1), 24-26.
Khairawati., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 3 Sungai Kakap. Jurnal Kreatif: Jurnal Pendidikan, 7 (1), 52-61.
Kusherawati, L., Windyariani, S., & Setiono. (2020). Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory Experiment Method (GILEM). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 168 – 175.
Langgi, N. R., & Hakim, L. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile “Examination of Sharia” (Exshar) sebagai Media Evaluasi Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4 (2), 129-137.
Mandasari, Y. D., Subandowo, M., & Gunawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4 (3), 309-318.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 4, Tahun 2020, tentang: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Monita, A. F. (2019). Pengembangan Media Virtual Reality IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah. Tesis magister, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3 (1), 171-187.
OECD. (2018). PISA 2018 result combined executive summaries volume I, II, & III. Tersedia pada http://www.oecd.org/termsandconditions.
Oktavian, K. (2019). Penyusunan Skala Kecemasan Aspek Sosial untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Paudel, P. (2021). Online Education: Benefits, Challenges, and Strategies During and After Covid-19 in Higher Education. International Journal on Studies in Education, 3 (2), 70-85.
Pratiwi, I., Siahaan, S, M., & Syuhendri, S. (2021). Hubungan Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumparan Fisika, 4 (3), 177-184.
Purwanto, A., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 (1), 1-12.
Pusat Penilaian Pendidikan. Laporan Hasil Ujian Nasional. Diambil dari https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&
Putra, D. S., Lumbantoruan, A., & Samosir, S. C. (2019). Deskripsi Sikap Siswa: Adopsi Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika, dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 (2), 91–100.
Puwanti, S., & Manurung, S. (2015). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Sikap Ilmiah terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (1), 57-62.
Rahmatina, D. I., Sutopo., & Wartono. (2018). Identifikasi Kesulitan Siswa SMA pada Materi Usaha-Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 8-14.
Retnawati, E. (2016). Teori Respon Butir dan Penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.
Riani, P. F., Puspita, A. M. I., &Nurmalasari, W. (2021). Keefektifan Media Pembelajaran Edupoint (Education Powerpoint) Melalui Pendekatan Etnopedagogik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar. Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2 (1), 39-49.
Rizki, M. A., & Hidayati, S. N. (2021). Analisis Ketuntasan Hasil Belajar Pengetahuan pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan di SMP Negeri 1 Sidoarjo pada Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9 (3). pp. 443-451.
Rofalina, F. (2015). Infografik: Pelajaran Paling Disukai dan Dibenci Siswa Indonesia. Diakses dari https://www.zenius.net/blog/pelajaran-disukai-dibenci-siswa
Sabaruddin., & Nadia, L. (2019). Pengembangan Modul Fisika pada Materi Tekanan di MTsN. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 2, 4-11.
Shudur, M. (2019). Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial, dan Budaya, 4 (2), 328-346.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Subali, B., & Suyata, P. (2013). Standardisasi Penilaian Berbasis Sekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17 (1), 1-18.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sukroyanti, B. A., & Safitri, B. R. A. (2019). Pengembangan Media Animasi dengan Aplikasi Makromedia Flash Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika, 2 (2), 5-8.
Suparman. (2020). Menemukan Karakteristik Butir Menggunakan Quest. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9 (1), 83-104.
Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTSN Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5 (1), 104-116.
Suryani, N. P. A., Susilawati., & Kosim. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5 (1), 64-73.
Susanti, Y. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat Asam dan Basa dengan Menggunakan Metode Praktikum. Utile: Jurnal Kependidikan, 2 (1), 94-100.
Thiagarajan, S., Semmel, D. D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children a Sourcebook. Minnesota: Leadership Training Institute/ Special Education, University of Minnesota.
Zahro, R., et al. (2019). The Effect of Web-Assisted Problem Based Learning Model on Physics Conceptual Understanding of 10^th Grade Student. Journal of Physics: Conference Series, 1223 (1), 1-8.
Yahya, F., Hermansyah., & Fitriyanto, S. (2019). Virtual Experiment untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5 (1), 144-149.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis CT yang Berkualitas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pascasarjana XITS, di Universitas Negeri Surabaya.
Yarlis, E. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Office Power Point Pada SIswa Kelas XII IPA 3 MAN 2 Kota Padang. Adragogi, 5 (2), 1-11.
Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Bioedu: Berkala Ilmu Pendidikan Biologi, 6 (2), 169-174.
Yuliono, T., Sarwanto., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9 (1), 65-84.
Yulisa., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1 (1), 37-44.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v10i2.18351
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |