Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Harian Bersama I Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Patikraja

Isma Azizah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Supahar Supahar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas butir soal Penilaian Harian Bersama I Fisika Kelas X SMAN 1 Patikraja ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas distraktor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Patikraja. Teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan program Quest. Hasil dari penelitian: 1) Berdasarkan validitas, sebesar 90% (18 soal) valid sebesar 10% (dua soal)  tidak valid; 2) Berdasarkan reliabilitas, soal sangat reliabel karena memiliki reliabilitas sebesar 0,98; 3) Berdasarkan daya pembeda, sebesar 60% (12 soal) memiliki daya pembeda sangat baik, sebesar 25% (lima soal) memiliki daya pembeda baik, sebesar 15% (tiga soal) memerlukan revisi; 4) Berdasarkan tingkat kesukaran, sebesar 30% (enam soal) termasuk soal sukar, sebesar 40% (delapan soal) termasuk soal sedang, sebesar 25% (lima soal) termasuk soal mudah, sebesar 5% (satu soal) termasuk soal sangat mudah; 5) Berdasarkan efektivitas distraktor, sebesar 50% (10 soal) sangat baik, sebesar 10% (dua soal) baik, sebesar 5% (satu soal) cukup baik, sebesar 15% (tiga soal) kurang baik, sebesar 20% (empat soal) tidak baik; 6) Berdasarkan analisis butir soal, sebesar 45% (sembilan soal) berkualitas sangat baik, sebesar 15% (tiga soal) berkualitas baik, sebesar 40% (delapan soal) berkualitas sedang.

 

Kata Kunci: Kualitas butis soal, analisis butir soal, Fisika, SMAN 1 Patikraja


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta : RIneka Cipta.

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika Dengan Teori Tes Klasik dan Modern (2nd ed.). Yogyakarta: UNY Press.

L, I. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. XX, 478-492.

Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 86-96.

Mundilarto. (2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: UNY Press.

Nugrahanti, A. M. (2013). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Kompetensi keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi.

Nurgiyanto, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Penyusun, T. (2016). Pedoman Tugas Akhir. Yogyakarta: UNY Press.

Setyawarno, D. (2017). Upaya Peningkatan Kualitas Butir Soal dengan

Analisis Aplikasi Quest. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Sodik, J. (2019). Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Harian Bersama II Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA N 1 Patikraja Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi. Purwokerto: PBSI UMP.

Subali, B. (2012). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprananto, K. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supranata, S. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Intrepretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja.

Syafril, Z. Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan. Depok: Kencana.

Trianto. (2014). Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2008). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v10i2.18230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.