Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis ICARE Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Kemandirian Belajar Fisika

Laurensia Devia Dhitatama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Juli Astono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan video pembelajaran berbasis ICARE yang layak untuk meningkatkan penguasaan materi dan kemandirian belajar peserta didik, 2) mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik, 3) mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian menggunakan model 4D, yakni Define, Design, Develop, dan  Disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Galur dengan subjek penelitian peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Analisis peningkatan penguasaan materi dan kemandirian belajar menggunakan standar gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Video pembelajaran fisika berbasis ICARE  layak digunakan untuk pembelajaran dengan skor 3.5 dengan kategori baik;  2) Video  pembelajaran  berbasis ICARE mampu  meningkatkan penguasaan materi yang ditandai dengan  peningkatan  hasil  belajar  kognitif  dengan skor gain sebesar 0.5 dengan kategori sedang; 3) Video  pembelajaran  berbasis ICARE mampu  meningkatkan  kemandirian  belajar  peserta didik dengan skor gain sebesar 0.3 dengan kategori sedang.

Kata-Kata Kunci: ICARE, penguasaan materi, kemandirian belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i3.17870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.