KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Aninda Kusuma Jayanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks fabel antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model saintifik. Selain itu, penelitian ini bertujuan menguji keefektifan model pembelajaran berpikir induktif dalam pembelajaran menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian prates dan pascates. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran berpikir induktif dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VII C sebagai kelas kontrol dan siswa Kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teksnik cluster ramdom sampling. Validitas yang dilakukan
adalah validitas isi oleh ahli yaitu guru pengampu Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SMP Negeri 1 Yogyakarta. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan  menggunakan uji-t sampel bebas dan uji-t sampel berhubungan menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks fabel antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan model saintifik. Hasil uji-t skor pascates kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan thitung  sebesar 4,021 dengan df 62 dan p sebesar 0,000 (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan keterampilan menulis teks fabel antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penghitungan uji-t skor prates dan pascates kelas eksperimen menunjukkan thitung  sebesar 9,551 dengan df 31 dan p sebesar 0,000 (p< 0,05). Penghitungan skor prates dan pascates kelas kontrol menunjukkan thitung  sebesar 7,165 df 31 dan p sebesar 0,000 (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta.
 
Kata kunci: Keefektifan, model pembelajaran berpikir induktif,           pembelajaran menulis teks fabel.

Full Text:

PDF

References


A.R, Syamsudin. 2006. Metode

Penelitian Pendidikan Bahasa.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Fang, Liaw Yock. 2011. Sejarah

Kesusastraan Melayu Klasik.

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor

Yogyakarta.

Harsiati, Titik. 2014. Bahasa

Indonesia untuk SMP/MTs Kelas

VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan

Perbukuan, Balitbang,

Kemendikbud.

Joyce, Bruce, dkk. 2009. Models of

Teaching Model-model

Pembelajaran Edisi

Kedelapan.Edisi ke 8.

Diterjemakan oleh: Fawaid.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra

Anak Pengantar Pemahaman

Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press.

_________________.2012. Statistik

Terapan untuk Penelitian Ilmu-

ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press.

_________________. 2010. Teori

Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.