KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
adalah validitas isi oleh ahli yaitu guru pengampu Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SMP Negeri 1 Yogyakarta. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t sampel bebas dan uji-t sampel berhubungan menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks fabel antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan model saintifik. Hasil uji-t skor pascates kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan thitung sebesar 4,021 dengan df 62 dan p sebesar 0,000 (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks fabel antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penghitungan uji-t skor prates dan pascates kelas eksperimen menunjukkan thitung sebesar 9,551 dengan df 31 dan p sebesar 0,000 (p< 0,05). Penghitungan skor prates dan pascates kelas kontrol menunjukkan thitung sebesar 7,165 df 31 dan p sebesar 0,000 (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta.
Kata kunci: Keefektifan, model pembelajaran berpikir induktif, pembelajaran menulis teks fabel.
Full Text:
PDFReferences
A.R, Syamsudin. 2006. Metode
Penelitian Pendidikan Bahasa.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Fang, Liaw Yock. 2011. Sejarah
Kesusastraan Melayu Klasik.
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor
Yogyakarta.
Harsiati, Titik. 2014. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
Joyce, Bruce, dkk. 2009. Models of
Teaching Model-model
Pembelajaran Edisi
Kedelapan.Edisi ke 8.
Diterjemakan oleh: Fawaid.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra
Anak Pengantar Pemahaman
Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
_________________.2012. Statistik
Terapan untuk Penelitian Ilmu-
ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
_________________. 2010. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.