PELAKSANAAN KEGIATAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Desi Setyaningrum,

Abstract


Penelitian ini  adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan literasi, (2)  faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan literasi, serta (3) upaya dalam mengatasi hambatan yang terjadi di SMP Negeri 1 Yogyakarta.  Subjek penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Yogyakarta. Objek penelitian difokuskan pada pelaksanaan kegiatan literasi  sekolah  di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan dan triangulasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan kegiatan literasi sekolah di SMP Negeri 1 Yogyakarta masih pada tahap pembiasaan karena masih bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca. Kegiatan literasi  sekolah yang telah terlaksana di SMP Negeri 1 Yogyakarta  adalah membaca sebelum pembelajaran,  kunjungan perpustakaan sekolah, penerbitan buletin sekolah, penulisan antologi, pemajangan karya dan penggunaan papan mading, pemajangan poster, serta kegiatan membaca dan menulis dalam pembelajaran. Kedua, faktor  pendukung  dalam pelaksanaan kegiatan literasi di SMP Negeri 1 Yogyakarta diantaranya adalah  komitmen dan kerjasama warga sekolah,  sarana dan prasarana, pengawasan kegiatan literasi, dan pelibatan publik. Sementara itu faktor penghambat  dalam  pelaksanaan kegiatan literasi di SMP Negeri 1 Yogyakarta diantaranya  adalah kurangnya kesadaran  sebagian warga sekolah, kurangnya bahan bacaan yang beragam, alokasi waktu yang kurang tepat, dan kurangnya pemeliharaan sarana serta  prasarana. Ketiga, upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut diantaranya adalah pemberian contoh, pemberian  reward  atau  penghargaan, menekankan pentingnya kegiatan literasi, mewajibkan peserta didik untuk membawa buku bacaan, pelibatan publik, fleksibilitas KBM terhadap kegiatan literasi, dan nasihat serta himbauan.
 
Kata kunci   : kegiatan literasi, pelaksanaan kegiatan literas
 
 
 

Full Text:

PDF

References


Kompas. (2009). Potensi Guru

Minim, Bahasa Indonesia

Kurang Diminati Siswa.

Diunduh pada 16 Januari 2017

dari http://nasional.kompas.com.

Permendikbud, (2015). Peraturan

Menteri Pendidikan Dan

Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 23 Tahun 2015 Tentang

Penumbuhan Budi Pekerti.

Menteri Pendidikan Dan

Kebudayaan Republik

Indonesia.

https://akhmadsudrajat.files.wor

dpress.com/2009/02/permendikb

ud-no-23tahun-2015-tentang-

penanaman-budi-pekerti-

pbp.pdf. Diunduh pada 24

Februari 2017, 22.10 WIB.

Republika, (2014). Literasi Indonesia

Sangat Rendah.

http://www.republika.co.id/berit

a/koran/didaktika/14/12/15/ngm

g840-literasi-indonesia-sangat-

rendah. Diunduh pada 20

Oktober 2017, 0:39 WIB

Wahyuni. (2009). Menumbuhkem-

bangkan Minat Baca menuju

Masyarakat Literat. Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia, FKIP Universitas

Islam Malang.

http://download.portalgaruda.org

/article.php?article. Diunduh

pada 9 Februari 2017, 01.15

WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.