KORELASI PEMBIASAAN MEMBACA CERPEN DENGAN KEMAMPUAN IDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERPEN DI SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA
Abstract
Depok Yogyakarta sejumlah 96 orang. Sampel penelitian sejumlah 64 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembiasaan membaca cerpen di SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta dalam kategori tinggi sebanyak 38,4% (28 siswa) dan kategori sedang sebanyak 49,3% (36 siswa); (2) kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerpen di SMA Negeri 1
Depok Yogyakarta sebanyak 20,7% (15 siswa) berada pada kategori tinggi dan 61,46% (59 siswa) berada pada kategori sedang; dan (3) korelasi antar variabel diperoleh nilai r hitung > r tabel (0,363 > 0,254) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa terdapat korelasi yang yang positif antara pembiasaan membaca cerpen dengan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerpen di SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta.
Kata kunci: pembiasaan membaca cerpen, identifikasi unsur-unsur cerpen.
Full Text:
PDFReferences
Adler, J. Mortimer & Charles Van
Doren. 2007. How to Read A
Book: Cara Jitu Mencapai
Puncak Tujuan Membaca.
Jakarta: Indonesia Publishing.
Aminuddin. 2000. Pengantar Apresiasi
Karya Sastra. Bandung: PT Sinar
Baru.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, Akbar. 2017. “Membudayakan
Literasi dengan Program 6M di
Sekolah Dasar”. Jurnal
Pendidikan Sekolah Dasar, 3,
hlm. 42-52.
Danifil. 1985. Kemampuan Membaca
Bahasa Inggris Tenaga Edukatif
Non Bahasa Inggris di
Universitas Riau. Disertasi.
Malang: PPs.
Endraswara, S. 2008. Sanggar Sastra
Wadah Pembelajaran dan
Pengembangan
Sastra.Yogyakarta: Ramadhan
Press.
Eriyanto. 2007. Teknik Sampling
Analisis Opini Publik.
Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Ebel, Robert L. & David A. Frisbie.
Essentials of Educational
Measurement. Michigan: Prentice
Hall.
Keefe, Elizabeth B. & Susan R.
Copeland. 2011. “What Is
Literacy? The Power of a
Definition”. Research & Practice
for Persons with Severe
Disabilitie. XXXIII, 3. Hlm. 92–
Musfiroh, Tadkiroatun. 2016.
Psikolinguistik Edukasional.
Yogyakarta: Tiara Wacana.
Musfiroh, Tadkiroatun & Beniati
Lestyorini. 2016. “Konstruk
Kompetensi Literasi Untuk Siswa
Sekolah Dasar”. Jurnal Litera,
, hlm 1-3.
Nejad, Batul Shamsi, dkk. 2015. “Effects
of Metacognitive Strategy
Instruction on The Reading
Comprehension of English
Language Learners Through
Cognitive Academic Language
Learning Approach (CALLA)”.
International Journal of
Languages Education and
Teaching. Hlm 133-164.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
__________________. 2014. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
__________________. 2013. Statistik
Terapan. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Nurhadi. 2016. Teknik Membaca.
Jakarta: Bumi Aksara.
Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan
Pengalaman dalam Cerpen.
Semarang: Yayasan Adhigama
Purba, Antilan. 2012. Sastra Indonesia
Kotemporer. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Sayuti, Suminto A. 2017. Berkenalan
Dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta:
Cantrik Pustaka.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suharianto. S. 1982. Dasar-Dasar Teori
Sastra. Surakarta: Widya Duta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian
Pendidikan Kompetensi dan
Praktiknya. Jakarta: Bumi
Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015.
Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supranto. 2007. Teknik Sampling Untuk
Survey dan Eksperimen. Jakarta:
Asdi Mahasatya.
Syah, Muhhibin. 2000. Psikologi
Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Wiedarti, Pangesti, dkk. 2016. Desain
Induk Gerakan Literasi Sekolah.
Jakarta: Direktorat Jendral
Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementrian Pendidikan dan
Budaya.
__________________. 2016. Laporan
PIRLS 2011. Jakarta: Direktorat
Jendral Pendidikan Dasar dan
Menengah Kementrian
Pendidikan dan Budaya.
__________________. 2016. Panduan
Gerakan Literasi Sekolah di
SMA. Jakarta: Direktorat Jendral
Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementrian Pendidikan dan
Budaya.
Wiryodijoyo, Suwaryono.1989.
Membaca: Strategi Pengantar
dan Tekniknya. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Proyek
Pengembangan Lembaga
Pendidikan Tenaga
Kependidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.