PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MELALUI STRATEGI INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita melalui strategi interaktif pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (proses, hasil, demokratis, dan dialogis), dan reliabilitas. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menyimak berita melalui strategi interaktif mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi pada kualitas proses dan produk pembelajaran. Peningkatan secara proses dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu (1) semangat belajar, (2) perhatian terhadap proses pembelajaran, (3) keaktifan, (4) proses belajar. Semangat belajar siswa meningkat setelah diberi tindakan dengan menggunakan strategi interaktif. Siswa tidak lagi merasa terbebani dengan diberikannya tugas menyimak, karena siswa mengerti apa yang harus dilakukan dalam menyimak berita. Kenyamanan siswa dalam melaksanakan kegiatan menyimak membuat siswa semakin fokus pada pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi interaktif dapat meningkatkan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul. Hal ini berdasarkan hasil pembelajaran siswa dari
pratindakan dengan nilai rata-rata hitung sebesar 57,68, siklus I sebesar 69,1, dan siklus II mencapai 81,78. Peningkatan keterampilan siswa dalam menyimak berita dari pratindakan sampai siklus 1 sebesar 11,42. Dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,68. Dengan demikian, keterampilan menyimak berita siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul telah mengalami peningkatan baik proses maupun hasil setelah menggunakan strategi interaktif.
Kata kunci: peningkatan, keterampilan menyimak berita, kelas X, strategi
interaktif, siswa SMA.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Atikah, Sri. 2008.Bahasa Indonesia
untuk SMP/MTS Kelas VII.
Jakarta: Pusat Pembukuan
Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004.
Standar Kompetensi Mata
Pelajaran bahasa Indonesia.
Bandung: Angkasa
Djuraid, N. Husnun. 2006. Panduan
Menulis Berita. Malang: UPT
Penerbitan Universitas
Muhammadiyah Malang.
Djuroto, Totok. 2005. Teknik
Mencari dan Menulis Berita.
Semarang: Dahara
Harahap, Arifin S. 2006. Jurnalistik
Telavisi Teknik Memburu dan
Menulis Berita TV. Jakarta:
Gramedia.
Harlen, W. 1996. Teaching and
Learning Primary Science.
London: Paul Chapman
Publishing.
Haryati, Mimin. 2008. Model dan
Teknik Penilaian pada
Tingkat
SatuanInstrumenPenelitian
Pendidikan.Yog-yakarta:
Graha Ilmu.
Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Edisi Keempat. 2008. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan
Praktik Penelitian Tindakan.
Bandung: Alfabeta.
Masduki. 2006. Jurnalistik Radio
menata Profesionalisme
Reporter dan Penyiar.
Yogyakarta: LKIS.
Musfiroh, Tadkirotun, Dwi Hanti
Rahayu. 2004. Menyimak
Komprehensif dan Kritis.
Yogyakarta: Diktat PBSI.
Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian
dalam Pengajaran Bahasa
dan Sastra. Yogyakarta:
BPFE.
______________.2010. Penilaian
Pembelajaran Bahasa
Berbasis Kompe-
tensi.Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi. 2005. Bagaimana Mening-
katkan Kemampuan Memba-
ca: Suatu Teknik Memahami
Literatur yang Efisien.
Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Pintamtyastirin.1983. Menyimak dan
Pengajarannya. Yogyakarta:
Diktat P3T IKIP.
Sabari, Ahmad. 2005. Metode Pem-
belajaran Interaktif. Jakarta:
Renika Cipta.
Saricoban, Arif. 1999. “The Teach-
ing of Listening”. The
Internet TESL Journal, Vol.
V, No. 12, December 1999.
Slavin, E. Robert. 2008. Cooperative
Learning. Bandung: Nusa
Media.
Sudaryono, Gaguk Margono, dan
Wardani Rahayu.
PengembanganInstru-
men Penelitian Pendidikan.
Yog-yakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung:Alfabeta.
Suhandang, Kustadi. 2004. Pengan-
tar Jurnalistik. Bandung:
Nuansa.
Sukardi. 2007. Metodologi Peneli-
tian Pendidikan. Yogyakarta:
Bumi Aksara.
Sumadiria, Haris. 2006. Jurnalistik
Indonesia: Menulis Berita
dan Feature. Bandung:
Simbiosis Rekatama Media.
Suprayekti, 2003, Interaksi Belajar
Mengajar Jakarta: Direktorat
Tenaga Kependidikan Dirjen-
dikdasmen Depdiknas
Suryaman, Maman. 2009. DrafPan-
duan Pendidikan dalam
Pembelajaran
Sutari, Ice, Tiem Kartimi, Vismaia.
Menyimak. Jakarta:
Depdikbud.
Syamsuddin dan Vizmaia S.
Damayanti. 2006. Metode
Penelitian Pendidikan Baha-
sa. Bandung: Sekolah Pasca-
sarjana Universitas Pendidik-
an Indonesia dengan PT. Re-
maja Rosdakarya
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menyimak, Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Wiriaatmadja, dan Rochiati. 2007.
Metode Penelitian Tindakan
Kelas. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.