PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MELALUI STRATEGI INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Latifah Alma Masyitoh,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita melalui strategi interaktif pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek   penelitian ini adalah siswa  kelas X-6 SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 siswa.  Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan,  dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (proses, hasil, demokratis, dan dialogis),  dan reliabilitas. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menyimak berita melalui strategi interaktif mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi pada kualitas proses dan produk pembelajaran. Peningkatan secara proses dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu (1) semangat belajar, (2) perhatian terhadap proses pembelajaran, (3) keaktifan, (4) proses belajar. Semangat belajar siswa meningkat setelah diberi tindakan dengan menggunakan strategi interaktif. Siswa tidak lagi merasa terbebani dengan diberikannya tugas menyimak, karena siswa mengerti apa yang harus dilakukan dalam menyimak berita. Kenyamanan siswa dalam melaksanakan kegiatan  menyimak membuat siswa semakin fokus pada pembelajaran.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi interaktif dapat meningkatkan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul. Hal ini berdasarkan hasil pembelajaran siswa dari
pratindakan dengan nilai rata-rata hitung sebesar 57,68, siklus I sebesar 69,1, dan siklus II mencapai 81,78. Peningkatan keterampilan siswa dalam menyimak berita dari pratindakan sampai siklus 1 sebesar 11,42. Dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,68. Dengan demikian, keterampilan menyimak berita siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul telah mengalami peningkatan baik proses maupun hasil setelah menggunakan strategi interaktif. 

Kata kunci: peningkatan, keterampilan menyimak berita, kelas X, strategi
interaktif, siswa SMA.
 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Atikah, Sri. 2008.Bahasa Indonesia

untuk SMP/MTS Kelas VII.

Jakarta: Pusat Pembukuan

Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004.

Standar Kompetensi Mata

Pelajaran bahasa Indonesia.

Bandung: Angkasa

Djuraid, N. Husnun. 2006. Panduan

Menulis Berita. Malang: UPT

Penerbitan Universitas

Muhammadiyah Malang.

Djuroto, Totok. 2005. Teknik

Mencari dan Menulis Berita.

Semarang: Dahara

Harahap, Arifin S. 2006. Jurnalistik

Telavisi Teknik Memburu dan

Menulis Berita TV. Jakarta:

Gramedia.

Harlen, W. 1996. Teaching and

Learning Primary Science.

London: Paul Chapman

Publishing.

Haryati, Mimin. 2008. Model dan

Teknik Penilaian pada

Tingkat

SatuanInstrumenPenelitian

Pendidikan.Yog-yakarta:

Graha Ilmu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Edisi Keempat. 2008. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan

Praktik Penelitian Tindakan.

Bandung: Alfabeta.

Masduki. 2006. Jurnalistik Radio

menata Profesionalisme

Reporter dan Penyiar.

Yogyakarta: LKIS.

Musfiroh, Tadkirotun, Dwi Hanti

Rahayu. 2004. Menyimak

Komprehensif dan Kritis.

Yogyakarta: Diktat PBSI.

Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian

dalam Pengajaran Bahasa

dan Sastra. Yogyakarta:

BPFE.

______________.2010. Penilaian

Pembelajaran Bahasa

Berbasis Kompe-

tensi.Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. 2005. Bagaimana Mening-

katkan Kemampuan Memba-

ca: Suatu Teknik Memahami

Literatur yang Efisien.

Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Pintamtyastirin.1983. Menyimak dan

Pengajarannya. Yogyakarta:

Diktat P3T IKIP.

Sabari, Ahmad. 2005. Metode Pem-

belajaran Interaktif. Jakarta:

Renika Cipta.

Saricoban, Arif. 1999. “The Teach-

ing of Listening”. The

Internet TESL Journal, Vol.

V, No. 12, December 1999.

Slavin, E. Robert. 2008. Cooperative

Learning. Bandung: Nusa

Media.

Sudaryono, Gaguk Margono, dan

Wardani Rahayu.

PengembanganInstru-

men Penelitian Pendidikan.

Yog-yakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung:Alfabeta.

Suhandang, Kustadi. 2004. Pengan-

tar Jurnalistik. Bandung:

Nuansa.

Sukardi. 2007. Metodologi Peneli-

tian Pendidikan. Yogyakarta:

Bumi Aksara.

Sumadiria, Haris. 2006. Jurnalistik

Indonesia: Menulis Berita

dan Feature. Bandung:

Simbiosis Rekatama Media.

Suprayekti, 2003, Interaksi Belajar

Mengajar Jakarta: Direktorat

Tenaga Kependidikan Dirjen-

dikdasmen Depdiknas

Suryaman, Maman. 2009. DrafPan-

duan Pendidikan dalam

Pembelajaran

Sutari, Ice, Tiem Kartimi, Vismaia.

Menyimak. Jakarta:

Depdikbud.

Syamsuddin dan Vizmaia S.

Damayanti. 2006. Metode

Penelitian Pendidikan Baha-

sa. Bandung: Sekolah Pasca-

sarjana Universitas Pendidik-

an Indonesia dengan PT. Re-

maja Rosdakarya

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Menyimak, Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Wiriaatmadja, dan Rochiati. 2007.

Metode Penelitian Tindakan

Kelas. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.