KARAKTERISTIK UNSUR DAN FUNGSI BUNYI PUISI KARYA SISWA SMA KABUPATEN SLEMAN DALAM BENGKEL BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BALAI BAHASA DIY TAHUN 2016

Nur Aziz,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik unsur dan
fungsi bunyi puisi karya siswa SMA Kabupaten Sleman Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia Balai Bahasa DIY tahun 2016 berdasarkan karakteristik unsur dan fungsi bunyi persajakan, asonansi, dan aliterasi.  
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian berupa puisi karya siswa SMA di Kabupaten Sleman dalam Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia Balai Bahasa DIY tahun 2016 yang terhimpun dalam kumpulan puisi  Sepertiga Malam  sebanyak 76 puisi. Objek penelitian ini adalah unsur bunyipersajakan (sajak awal, tengah, dan akhir), asonansi, dan aliterasi beserta fungsinya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian  ini adalah  human instrument.  Teknik pengumpulan data
penelitian ini dilaksanakan dengan teknik baca dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui reliabilitas intrarater dan interater.  Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal berikut. Pertama, bahwa unsur bunyi persajakan, asonansi, dan aliterasi pada karya siswa cukup bervariasi dan siswa sudah bisa memaksimalkan fungsi bunyi dalam karya puisi yang dihasilkan.
Berdasarkan unsur bunyi persajakan, frekuensi kemunculan paling tinggi adalah sajak akhir. Sajak akhir dibagi menjadi tiga, frekuensi kemunculan sajak akhir paling tinggi adalah sajak akhir terus. Unsur bunyi selanjutnya yaitu asonansi. Frekuensi kemunculan asonansi paling tinggi adalah asonansi /a/. Unsur bunyi selanjutnya adalah aliterasi. Frekuensi  kemunculan paling tinggi adalah aliterasi /m/. Kedua, unsur bunyi tersebut berfungsi untuk (1)menegaskan gagasan penyair, (2) memfokuskan perhatian pembaca pada gagasan penyair, (3) menumbuhkan suasana puitik dan keindahan, (4) menumbuhkan suasana ritmis dan melodius.

Kata Kunci: karakteristik, puisi, siswa SMA.


Full Text:

PDF

References


A. Nur’aini, 2014. “Karakteristik Puisi

Karya Siswa Kelas VII Akselerasi SMPN

Malang”. NOSI Jurnal Pendidikan

Bahasa Indonesia Program Pascasarjana

UNISMA. Vol. 2, No.1, hlm. 23.

Sayuti, Suminto A. 2008. Berkenalan

dengan Puisi. Yogyakarta: Gama

Media.

Moelong, Lexy J. 2002. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Rosda Karya.

Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dan

Pengajarannya. Semarang: IKIP

Semarang Press.

Nurohmawati, Isnein. 2017. Karakteristik

Puisi Siswa SMP Negeri Kelas VIII

di Kabupaten Sleman. Skripsi. S1.

Yogyakarta: Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, Fakultas

Bahasa dan Seni UNY Yogyakarta.

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa

Berbasis Pendidikan

Karakter.Bandung: Refika

Aditama.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa

Bandung.

Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.