PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GRAFIS BAGAN IDENTIFIKASI PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat
dinas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Divisionsberbantuan media grafis bagan identifikasi pada siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman yang terdiri dari 32 siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Data penelitian diperoleh melalui wawancara, angket, pengamatan, dan tes. Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatan lapangan, angket, hasil tes menulis surat dinas, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dibantu dengan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
STAD berbantuan media grafis bagan identifikasi dapat meningkatkan
kemampuan menulis surat dinas siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik,
Sleman. Berdasarkan indikator keberhasilan, terdapat peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangat dalam pembelajaran.
Kerja sama, Suasana pembelajaran yang kondusif, ketertiban, kelancaran dan ketepatan selesainya pembelajaran juga meningkat ke arah yang lebih baik.
Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang mencapai ≥75. Pada tahap pratindakan, nilai rata-rata menulis surat dinas siswa adalah 60,02. Pada Siklus I nilai rata-rata menulis surat dinas siswa menjadi 74,3, kemudian meningkat sebesar 14,82% menjadi 85,31 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media grafis bagan identifikasi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis surat dinas siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman.
Kata kunci: surat dinas, Student Teams Achievement Divisions, media grafis bagan identifikasi.
dinas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Divisionsberbantuan media grafis bagan identifikasi pada siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman yang terdiri dari 32 siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Data penelitian diperoleh melalui wawancara, angket, pengamatan, dan tes. Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatan lapangan, angket, hasil tes menulis surat dinas, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dibantu dengan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
STAD berbantuan media grafis bagan identifikasi dapat meningkatkan
kemampuan menulis surat dinas siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik,
Sleman. Berdasarkan indikator keberhasilan, terdapat peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangat dalam pembelajaran.
Kerja sama, Suasana pembelajaran yang kondusif, ketertiban, kelancaran dan ketepatan selesainya pembelajaran juga meningkat ke arah yang lebih baik.
Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang mencapai ≥75. Pada tahap pratindakan, nilai rata-rata menulis surat dinas siswa adalah 60,02. Pada Siklus I nilai rata-rata menulis surat dinas siswa menjadi 74,3, kemudian meningkat sebesar 14,82% menjadi 85,31 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media grafis bagan identifikasi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis surat dinas siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman.
Kata kunci: surat dinas, Student Teams Achievement Divisions, media grafis bagan identifikasi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu
Pendeakatan Praktik.
Yogyakarta: Rhineka Cipta.
Maysuhara, R. Swasti. 2009. Surat
Menyurat, Proposal, dan
Pendirian Usaha.
Yogyakarta: Elmatera
Publishing.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2016.
Psikolinguistik Edukasional.
Yogyakarta: Tiara Wacana.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar
Keterampilan
Menulis.Bandung: Angkasa.
Slavin, E. Robert. 2010. Cooperative
Learning. Bandung: Nusa
Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.