PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis surat dinas Kelas VII yang dilakukan di SMP Negeri 5 Yogyakarta.
Pada penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis ditinjau dari beberapa komponen pembelajaran, yaitu (1) strategi pembelajaran menulis surat dinas Kelas VIII, (2) media pembelajaran menulis surat dinas, (3) evaluasi pembelajaran menulis.
Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia, siswa kelas VII A dan VII B SMP Negeri 5 Yogyakarta, sedangkan objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas di SMP Negeri 5 Yogyakarta yang meliputi strategi, media, dan evaluasi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi
partisipatif, wawancara, angket dan analisis dokumen. Keabsahan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Data dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan tahap simpulan, atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan hal-hal berikut. Pertama, strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII adalah strategi inkuiri dan strategi kooperatif. Kedua, media pembelajaran keterampilan menulis surat dinas Kelas VII yaitu media visual yang tidak diproyeksikan
dan media visual yang diproyeksikan. Media visual yang tidak diproyeksikan berupa papan tulis, laptop, print out contoh surat dinas. Media visual yang diproyeksikan berupa LCD. Ketiga, evaluasi pembelajaran menulis surat dinas Kelas VII yang digunakan yaitu
evaluasi teknik tes dan teknik nontes. Evaluasi teknik tes berupa tes tertulis, sedangkan evaluasi teknin nontes berupa pengamatan, penugasan, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian otentik juga digunakan untuk menilai proses pembelajaran dan hasil tulisan siswa.
Kata kunci: pembelajaran, menulis surat dinas.
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad,
dan Sakura H. Ridwan.
Pembinaan
Kemampuan Menulis
Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga.
.
Arsyad, Azhar. 2011. Media
Pembelajaran. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Dalman, H. 2015. Keterampilan
Menulis. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Darma, Aliah Yoce dan E. Kosasih.
Menulis Surat Dinas
Lengkap. Bandung: Yrama
Widya.
Daryanto. 2010. Evaluasi
Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan
Zain. 2010. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Djuharie, O. Setiawan dkk. 2001.
Surat-Menyurat
Serbaguna. Bandung:
Yrama Widya
Iskandarwassid dan Dadang
Sunendar. 2008. Strategi
Pembelajaran Bahasa.
Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi
Pembelajaran. Bandung:
Rosdakarya.
Musfiroh, Tadkiroatun, 2016.
Psikolinguistik
Edukasional;
Psikolinguitik untuk
Pendidikan Bahasa.
Yogyakarta: Tiara
Wacana.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta:
BPFE.
Rahardi, R. Kunjana. 2009. Aturan
Pembuatan dan
Pemakaian Bahasa Surat
Dinas. Yogyakarta:
Pustaka Book Publisher
Sabariyanto, Dirgo. 1998. Bahasa
Surat Dinas. Yogyakarta:
Mitra Gama Widya.
Saddhono, Kundharu dan St. Y.
Slamet. 2014.
Pembelajaran
Keterampilan Berbahasa
Indonesia; Teori dan
Aplikasi Edisi 2.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sadiman, Arif S. dkk. 2008. Media
Pendidikan Pengertian,
Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan
Makna Pembelajaran.
Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi
Pembelajaran
Berorientasi Standar
Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada
Media Grup
Silmi, Sikka Mutiara. 2004. Panduan
Menulis Surat Lengkap.
Yogyakarta: Absolut.
Soedjito & Solchan. 2014. Surat
Menyurat Resmi Bahasa
Imdonesia. Surakarta:
Yuma Pustaka
Sufanti, Main. 2010. Strategi
Pengajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia.
Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono, A. 2014. Metode
Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suparno dan Muhammad Yunus.
Keterampilan Dasar
Menulis. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Suryaman, Maman. 2012.
Metodologi Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta: UNY
Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.