MENGGUNAKAN MEDIA KLIP FILM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan media klip film iklan layanan masyarakat pada siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Yogyakarta yang terdiri atas 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen sebagai desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, analisis dokumen, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kriteria validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas proses, hasil, dan demokrasi.
Reliabilitas diwujudkan dengan penyajian data asli penelitian yang meliputi transkrip wawancara, catatan lapangan, angket, foto, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada beberapa aspek, misalnya pada aspek antusiasme siswa, dibuktikan dengan semangat siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aspek keaktifan siswa, dibuktikan dengan keberanian siswa dalam bertanya mengenai materi pembelajaran. Peningkatan pada aspek perhatian siswa, dibuktikan dengan sikap siswa yang lebih memperhatikan guru ketika menjelaskan materi. Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai menulis puisi siswa. Pada Siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 77 dan pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 10% menjadi 87. Dengan demikian, penerapan media klip film iklan layanan masyarakat dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi
siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Yogyakarta.
Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, media klip film iklan layanan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini, Suhardjono, dan
Supardi. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi Aksara.
Berk, R.A. 2009. Mutimedia
Teaching with Video Clips:
TV, movies, youtube, and
mtvU in the College
Classroom. International
Journal of Technology in
Teaching and Learning, 5(1),
-21.
Cambridge. 2015. Teaching
Knowledge Test Glossary.
United Kingdom: Cambridge.
Djibran, Fahd. 2008. Writing is
Amazing. Yogyakarta:
Juxtapose.
Durianto, Darmadi, Widjaja
Sugiarto, Anton W,
Supratikno, Hendrawan.
Inovasi Pasar dengan
Iklan yang Efektif. Jakarta:
PT Gramedia Pustaka Utama.
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian
Kuantitatif dan Kualitatif.
Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Gross, Levenson. 2005. Emoticon
Elicitation Using Films.
Cognition and Emotion, 9 (1)
-108.
Panduan Menulis Kreatif.
Tuban: Sanggar Sastra
Unirow.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menulis Sebagai Suatu
Hakim, Budiman. 2005. Lanturan
Tapi Relevan, Dasar-dasar
Kreatif Periklanan.
Yogyakarta: Galang Press.
Hewig, J. 2005. A Revised Film Set
for The Induction of Basic
Emotions. Cognition and
Emotion, 19 (7), 1095-1109.
Jabrohim. 2001. Cara Menulis
Kreaif. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Jaiz. 2014. Dasar-dasar Periklanan.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kasali, Renald. 1993. Manajemen
Periklanan: Konsep dan
Aplikasinya di Indonesia.
Jakarta: Grafiti.
Konisberg, A. 2007. Film Studies
and the New Science.
Berghahn Journals, Volume
, Issue 1, 1-24.
Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar
Keterampilan Bersastra.
Bandung: Yrama Widya.
Kotler, Philip, (terjemahan A.B.
Susanto). 2001. Manajemen
Pemasaran di Indonesia.
Jakarta: Salemba Empat.
Kurniawan, Sutardi. 2012. Penulisan
Sastra Kreatif. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar
Komunikasi Periklanan.
Bandung: PT Citra Aditya
Bakti.
Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan
Praktik Penelitian Tindakan,
Action Research. Bandung:
Alfabeta.
Pardjono. 2007. Panduan Penelitian
Tindakan Kelas. Yogyakarta:
Lembaga Penelitian UNY.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2009.
Pengkajian Puisi (Analisis
Strata Norma dan Analisis
Struktural dan Semiotik.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Sarumpaet, riris K. Toha. 2002.
Apresiasi Puisi remaha.
Grasindo: Jakarta.
Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan
dengan Prosa Fiksi.
Yogyakarta: Gama Media.
Suhariyadi, 2011. Menulis Kreatif,
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003.
Pendidikan Tinggi. 8 Juli
Jakarta: Sekretaris
Negara Republik Indonesia.
Waluyo, Herman J. 2000. Teori dan
Apresiasi Puisi. Jakarta:
Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.