PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI IPS 1 MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis teks eksplanasi dengan strategi CIRC pada siswa Kelas XI IPS 1 MAN Godean Sleman Yogyakarta. Melalui strategi CIRC, peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat dilihat secara proses maupun secara produk.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 MAN Godean Sleman Yogyakarta yangberjumlah 27 siswa.Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi.Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatifdan kuantitatif.Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dilihat dari batas pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75 dan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan siklus selanjutnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi CIRC dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks eskplanasi pada siswa Kelas XI IPS 1 MAN Godean Sleman Yogyakarta, baik secara proses maupun secara produk. Peningkatan proses ditunjukkan dari sikap siswa, aktivitas siswa, dan suasana pembelajaran, yaitu siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, siswa berani mengungkapkan pendapat saat berdiskusi, siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok serta siswa dapat mengikuti dan memahami langkah-langkah strategi CIRC dengan baik. Peningkatan produk dapat dilihat dari hasil karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 65,76 dengan keterangan siswa tuntas berjumlah 2 siswa atau 8% siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,57 dengan keterangan siswa
tuntas sebanyak 16 siswa atau 62% siswa. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 79,46 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 25 siswa atau 96% siswa.
Kata kunci: menulis, teks eksplanasi, strategi CIRC.
menulis teks eksplanasi dengan strategi CIRC pada siswa Kelas XI IPS 1 MAN Godean Sleman Yogyakarta. Melalui strategi CIRC, peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat dilihat secara proses maupun secara produk.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 MAN Godean Sleman Yogyakarta yangberjumlah 27 siswa.Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi.Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatifdan kuantitatif.Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dilihat dari batas pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75 dan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan siklus selanjutnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi CIRC dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks eskplanasi pada siswa Kelas XI IPS 1 MAN Godean Sleman Yogyakarta, baik secara proses maupun secara produk. Peningkatan proses ditunjukkan dari sikap siswa, aktivitas siswa, dan suasana pembelajaran, yaitu siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, siswa berani mengungkapkan pendapat saat berdiskusi, siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok serta siswa dapat mengikuti dan memahami langkah-langkah strategi CIRC dengan baik. Peningkatan produk dapat dilihat dari hasil karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 65,76 dengan keterangan siswa tuntas berjumlah 2 siswa atau 8% siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,57 dengan keterangan siswa
tuntas sebanyak 16 siswa atau 62% siswa. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 79,46 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 25 siswa atau 96% siswa.
Kata kunci: menulis, teks eksplanasi, strategi CIRC.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan
Supardi. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model
Pengajaran dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslich, Mansur. 2011. Melaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas Itu
Mudah. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Suwarni, Sri, Yayat Nurhayat dan Esti
Suryani. 2017. Bahasa
Indonesia Kebanggaan
Bangsaku. Solo: PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
Refbacks
- There are currently no refbacks.