KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN AREND PADA PEMBELAJARAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
pencapaian dalam pembelajaran berbicara antara siswa yang dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Time Token Arend dengan siswa yang menggunakan metode konvensional; (2) mengetahui efektivitas metode pembelajaran Time Token Arend dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian
yang digunakan adalah control group pratest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Validitas yang digunakan adalah vaiditas isi.
Uji reliabilitas meggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan
bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,861. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berdiskusi antara kelompok yang mendapat pembelajaran berdiskusi dengan menggunakan Metode Time Token Arend dan kelompok yang mendapat pembelajaran dengan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tempel. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan nilai p = 0,0000 (0,000<0,05); (2)
metode Time Token Arend efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII SMP N 1 Tempel. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t selisih tes awal dan tes akhir kelompok kontrol dan selisih tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000.
Kata kunci: keefektifan, metode pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arend, berbicara, keterampilan diskusi
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard I. 2008. Learning to
Teach: Belajar untuk Mengajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model,
Media, dan Strategi
Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung: Yrama
Widya.
Creswell, John W. 2012. Reasearch
Design: Pendekatan Kualitatif,
Kuantitatif, dan Mixed.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2010. Pembelajaran
kooperatif: Meningkatkan
Kecerdasan Komunikasi Antar
Peserta Didik. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar.
Ningsih, Faluki Pangesti. 2015.
"Keefektifan Teknik Diskusi
Model Time Token Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Mengemukakan
Pendapat". Jurnal
COUNSELIUM (Online).
Volume 1, no. 2. Diakses dari
jurnal.fkip.uns.ac.id pada 12 Juli
Purwanti, Deni. 2014. “Keefektifan
Metode Pembelajaran Kooperatif
Tipe Listening Team pada
Pembelajaran Diskusi Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 1
Sidoharjo Sragen”. Skripsi S1.
Yogyakarta: Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, FBS UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.