PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA VIDEO KLIP LAGU PADA SISWA KELAS XI IPS MA MA’ARIF AL-FALAH PONOROGO
Abstract
menulis naskah drama siswa kelas XI IPS MA Ma’Arif Al-Falah Ponorogo
menggunakan media video klip lagu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model
Kemmis dan Mc Taggrat yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk atau hasil.
Data kuantitatif dievaluasi dengan menggunakan pedoman penilaian penulisan naskah drama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terdapat peningkatan
pelaksanaan proses pembelajaran pada antusias siswa yang termotivasi untuk menulis naskah drama agar lebig baik menggunakan media video klip lagu. Sedangkan peningkatan hasil menunjukan bahwa siklus pertama belum memperoleh skor yang memuaskan. Nilai rata-rata menulis naskah drama siswa pada tahap pratindakan adalah 61,66 kemudian pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata menjadi 72,70. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis naskah drama siswa tetapi belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75 dan pada siklus II telah mencapai skor yang cukup memuaskan dengan nilai rata-rata 80,92.
Kata kunci: keterampilan menulis, naskah drama, video klip lagu, siswa MA.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Arsyad, Azhar. 2002. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Darmadi, Kaswan. 1996.
Meningkatkan Kemampuan
Menulis. Yogyakarta: Andi
Offset.
Daryanto. 2010. Media
Pembelajaran (Peranannya
Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujuan
Pembelajaran). Yogyakarta:
Gava Media.
Depdiknas. 2003. Standar
Kompetensi Mata Pelajaran
Bahasa dan Sastra
Indonesia SMA dan MA.
Jakarta: Depdiknas.
Diyamti dan Mudjiono. 2002.
Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Firmansyah. Yossy. 2011.
Peningkatan Kemampuan
Menulis Kreatif Naskah
Drama dengan Menggunakan
Media Video Klip Musik Pop
untuk Siswa
Kelas VIII-G SMP Negeri 2
Malang. Skripsi tidak
diterbitkan. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Harymawan, RMA. 1993.
Dramaturgi. Bandung: BIT
PT Remaja Rosdakarya.
Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan
Praktik Penelitian Tindakan.
Bandung: Alfabeta.
Moleong, Lexy. 2000. Metodologi
Penelitian Kualitatif.
Bandung: Rosdakarya.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran
Kontekstual dan
Penerapannya dalam KBK.
Malang. Fakultas Sastra UM.
Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori
Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Sadiman, Arief dkk. 2009. Media
Pendidikan (Pengertian,
Pengembangan, dan
Pemanfaatannya). Jakarta:
Rajawali Pers.
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan
dengan Prosa Fiksi.
Yogyakarta: Gama Media.
Tarigan, Henry Guntur. 1994.
Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun Panduan Tugas Akhir.
Panduan Tugas Akhir.
Yogyakarta: Fakultas Bahasa
dan Seni Universitas Negeri
Yogyakarta.
Waluyo, Herman J. 2001. Drama
“Teori Pembelajarannya”.
Yogyakarta: PT.
Hanindita Graha Widya
Yogyakarta.
Wisni, Nugrahaningtyas. 2011.
“Peningkatan Menulis
Naskah Drama Melalui
Media Video Pementasan
Drama di Kelas XI IPA 2
SMA Piri I Yogyakarta”.
Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia; Fakultas Bahasa
dan Seni, Universitas Negeri
Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.