PROFIL DESKRIPSI PERBANDINGAN ANTAR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DALAM KTSP 2006, K 2013, DAN K 2013 EDISI REVISI 2016 SESUAI DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA

Muhammad Thoriq Aufar,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) konsep KTSP 2006,
Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 sesuai dengan
implementasi pembelajaran bahasa Indonesia, (2) perbedaan dan persamaan di antara ketiga  kurikulum tersebut, dan (3) kelebihan dan kekurangan atas perubahan yang terjadi pada ketiga kurikulum.
Kajian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan analisis konten yang mencakup 4 standar pendidikan nasional yaitu (a)  Standar Kompetensi Lulusan, (b)  Standar Isi, (c)  Standar Proses,  dan  (d) Standar Penilaian. Dalam penelitian ini, validitas yang digunakan adalah triangulasi data.
Penelitian ini menunjukkan (1)  implementasi pembelajaran bahasa
Indonesia pada KTSP berpedoman pada Permendiknas No. 23 Tahun 2006, No. 22 Tahun 2006, No. 41 Tahun 2007, dan No. 20 Tahun 2007. Sementara dalam Kurikulum 2013, berpedoman pada  Permendikbud No. 54, 64, 65, 66 dan 69 Tahun 2013.Selain itu,implementasi  Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 berpedoman pada Permendikbud No. 20, 21, 22, 23, dan 24  Tahun 2016. (2) Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 menghasilkan lebih banyak perbedaan dari pada perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum 2013
Edisi Revisi 2016. (3) Karakteristik dari KTSP adalah pembelajaran yang bersifat otonom pada setiap satuan pendidikan serta menggunakan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sementara karakteristik dari pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 adalah pembelajaran bersifat tematik-terpadu serta keseimbangan antara ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fungsional serta berbasis teks. (4) Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2016 merupakan kurikulum yang memiliki sedikit kelemahan dibanding dua kurikulum sebelumnya.


Kata kunci:   Perbandingan, Kurikulum, KTSP, Kurikulum 20013, Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka

Cipta.

Iskandarwassid, Sunendar. 2008.

Strategi Pembelajaran Bahasa.

Bandung: Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 22 Tahun

tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 41 Tahun

tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 20 Tahun

tentang Standar

Penilaian.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 23 Tahun

tentang Standar

Kompetensi Lulusan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 54 Tahun

tentang Standar

Kompetensi Lulusan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 65 Tahun

tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 64 Tahun

tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 66 Tahun

tentang Standar

Penilaian.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 20 Tahun

tentang Standar

Kmpetensi Lulusan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 21 Tahun

tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 22 Tahun

tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 23 Tahun

tentang Standar

Penilaian.

Yulalawati, Ella. 2004. Kurikulum

dan Pembelajaran (Filosofi,

Teori, dan Aplikasi). Bandung:

Pakar Raya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.