PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS X AGAMA-1 MAN GODEAN, SLEMAN, DIY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi
dengan metode sugesti imajinasi pada siswa kelas X Agama-1 MAN Godean, Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom
action reasearch. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Agama-1 MAN Godean, Sleman yang terdiri atas 27 siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini terdiri dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan, tahapan pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes penilaian menulis puisi. Kriteria validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
validitas proses, demokratis, dan dialog. Reliabilitas data dilakukan dengan melibatkan lebih dari satu sumber data (trianggulasi) yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan teori puisi yang ada dan diwujudkan berupa penyajian data asli penelitian yang meliputi transkrip wawancara, catatan lapangan, angket, foto, dan dokumentasi tugas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif didukung dengan data kuantitatif berupa skor hasil karya siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses dan hasil produk
pembelajaran menulis puisi siswa. Peningkatan proses ditunjukkan pada aspek antusias siswa, konsentrasi siswa dan keaktifan siswa berangsur-angsur menjadi lebih baik dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran. Peningkatan hasil produk siswa dapat diketahui dari proses sebelum diberi tindakan dengan skor rata-rata 62,22, sedangkan skor rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 72,74. Pada siklus II, skor rata-rata yang dicapai siswa adalah 82,81. Berdasarkan uraian
tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode sugesti imajinasi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan nilai keterampilan menulis puisi siswa kelas X Agama-1 MAN Godean, Sleman.
Kata kunci: Menulis puisi, Metode Sugesti Imajinasi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi dkk. 2016.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal dkk. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Bandung:
Rama Widya.
Ekosusilo, Madya. 1986. Metodik
Khusus Pengajaran Seni Musik
di Sekolah Dasar untuk
SPG, KPG, PGSMTP dan Guru
SD. Semarang: Effhar Publik.
Jabrohim, Chairul Anwar, dan
Suminto A. Sayuti. 2003. Cara
Menulis Kreatif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan
Praktik Penelitian Tindakan
(Action Research). Bandung:
Alfabeta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
_________________. 2013.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa Berbasis Kompetensi.
Yogyakarta: BPFE-
Yogyakarta.
Pradopo, Rahmat Joko. 1997.
Pengkajian Puisi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Rasyid, Fathur. 2010. Cerdaskan
Anakmu dengan Musik.
Yogyakarta: Diva Press.
Sadiman. 1986. Media Pengajaran.
Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Sayuti, Suminto A. 2008. Berkenalan
dengan Puisi. Yogyakarta:
Gama Media.
Tarigan, Henry Guntur. 1988.
Pengajaran Pemerolehan
Bahasa. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Trimantara. 2005. “Penggunaan
Media Sugesti Imajinasi dalam
Pembelajaran Menulis dengan
Media Lagu”. Jurnal
Pendidikan Penabur, 05, VI,
hlm. 1-14.
Tyastuti, Rita Dwi. 2015.
Peningkatan Keterampilan
Menulis Cerpen dengan
Metode Sugesti Imajinasi
Berbantuan Media Lagu
Remaja pada Siswa Kelas X di
SMA Negeri 1 Ngaglik. Skripsi
S1. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, FBS UNY.
Waluyo, J. Herman. 1995. Teori dan
Apresiasi Puisi. Jakarta:
Erlangga.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian
Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.