MENGGUNAKAN STRATEGI WEBBINGPADA SISWA KELAS XI IPS 3 MAN YOGYAKARTA II
Abstract
dengan menggunakan strategi webbing pada siswa kelas XI IPS 3 MAN
Yogyakarta II. Peningkatan dapat dilihat secara proses dan secara produk.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta II yang berjumlah 20 siswa.Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis cerpen.Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi.Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis
deskriptif kualitatif di dukung data kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi webbingdalam
pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Peningkatan tersebut dapat dilhat pada pertama, proses pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi webbing menjadikan siswa lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran menulis cerpen. Minat siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen meningkat. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II.Kedua, peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan strategi webbing dalam menulis cerpen dapat dilihat
dari karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 56,4. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa naik menjadi 71,85. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai siswa naik menjadi 78,6.Peningkatan rata-rata nilai kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 22,2.
Kata kunci: menulis, cerpen, strategi, strategi webbing
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Iif Khoiru, dkk. 2011.
Strategi Pembelajaran
Berorientasi KTSP. Jakarta:
PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Endraswara, Suwardi. 2005. Metode
dan Teori Pengajaran Sastra.
Yogyakarta: Buana Pustaka.
Gulo, W. 2008.Strategi Belajar-
Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Jabrohim. 1994. Pengajaran Sastra.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusumah, Wijaya dan Dwitagama
Dedi. 2011. Mengenal
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Indeks.
Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan
Praktik Penelitian Tindakan.
Bandung: Alfabeta.
Rusmono. 2014. Strategi
Pembelajaran dengan
Problem Based Learning Itu
Perlu: Untuk Meningkatkan
Profesionalitas Guru. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Prenada Media
Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.