MENGGUNAKAN STRATEGI WEBBINGPADA SISWA KELAS XI IPS 3 MAN YOGYAKARTA II

Lutfi Afrizal Yunanta,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen
dengan menggunakan strategi  webbing  pada siswa kelas XI IPS 3 MAN
Yogyakarta II. Peningkatan dapat dilihat secara proses dan secara produk.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta II yang berjumlah 20 siswa.Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis cerpen.Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi.Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis
deskriptif kualitatif di dukung data kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi webbingdalam
pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan keterampilan siswa  dalam menulis cerpen. Peningkatan tersebut dapat dilhat pada  pertama, proses pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi webbing   menjadikan siswa lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran menulis cerpen. Minat siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen meningkat. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II.Kedua, peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan strategi webbing dalam menulis cerpen dapat dilihat
dari karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 56,4. Pada siklus I, rata-rata  nilai  siswa naik menjadi 71,85. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai  siswa naik menjadi 78,6.Peningkatan  rata-rata  nilai  kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 22,2.
 
Kata kunci: menulis, cerpen, strategi, strategi webbing
 

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, dkk. 2011.

Strategi Pembelajaran

Berorientasi KTSP. Jakarta:

PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Endraswara, Suwardi. 2005. Metode

dan Teori Pengajaran Sastra.

Yogyakarta: Buana Pustaka.

Gulo, W. 2008.Strategi Belajar-

Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Jabrohim. 1994. Pengajaran Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama

Dedi. 2011. Mengenal

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: PT Indeks.

Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan

Praktik Penelitian Tindakan.

Bandung: Alfabeta.

Rusmono. 2014. Strategi

Pembelajaran dengan

Problem Based Learning Itu

Perlu: Untuk Meningkatkan

Profesionalitas Guru. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Prenada Media

Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.