KEEFEKTIFAN TEKNIK CLUSTERING BERBANTUAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan
menulis puisi antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik clustering berbantuan video dan kelompok yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan teknik clustering berbantuan video, (2) menguji keefektifan teknik clustering berbantuan video dalam pembelajaran menulis
puisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest postest control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu yaitu kelas VIII D
sebagai kelompok eksperimen dan kelas C sebagai kelompok kontrol. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi. Uji validitas isi dilakukan oleh expert judgement. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara kelompok yang mendapat pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik clustering berbantuan video dengan kelompok yang tidak menggunakan teknik clustering berbantuan video pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai t-hitung sebesar 3,283 dengan df 62 dan diperoleh nilai p sebesar 0,002. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,002<
0,05) yang berarti skor pascates kemampuan menulis puisi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan.
Kata kunci: keefektifan, teknik clustering berbantuan video, menulis puisi.
menulis puisi antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik clustering berbantuan video dan kelompok yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan teknik clustering berbantuan video, (2) menguji keefektifan teknik clustering berbantuan video dalam pembelajaran menulis
puisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest postest control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu yaitu kelas VIII D
sebagai kelompok eksperimen dan kelas C sebagai kelompok kontrol. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi. Uji validitas isi dilakukan oleh expert judgement. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara kelompok yang mendapat pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik clustering berbantuan video dengan kelompok yang tidak menggunakan teknik clustering berbantuan video pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai t-hitung sebesar 3,283 dengan df 62 dan diperoleh nilai p sebesar 0,002. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,002<
0,05) yang berarti skor pascates kemampuan menulis puisi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan.
Kata kunci: keefektifan, teknik clustering berbantuan video, menulis puisi.
Full Text:
PDFReferences
DePorter, Bobbi, dan Mike hernacki.
Quantum Learning:
Membiasakan Belajar
Nyaman dan Menyenangkan
diterjemahkan oleh Alwiyah
Abdurrahman. Bandung:
Kaifa
DePorter, Bobbi, Mark DePorter, dan
Sarah Singer-Nourie. 2008.
Quantum Teaching
Mempraktikkan Quantum
Learning di Ruang-ruang
Kelas. Bandung: Kaifa.
Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dan
Pengajarannya. Semarang:
IKIP Semarang Press.
_________________, Esti Swatika Sari,
Beniati Lestyarini. 2011.
Resepsi Kesadara Berbahasa
Secara Kritis (Criticaal
Language A Wareness/Cla)
Dalam Penulisan Karya Fiksi
Pada Guru Dan Siswa SMA
se-Diy. Laporan Peneitian
Hibah Bersaing.UNY:
Yogyakarta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.