KEEFEKTIFAN TEKNIK CLUSTERING BERBANTUAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH

Muhammad Mabdaus Salam,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan
menulis puisi antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik  clustering  berbantuan video dan kelompok yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan teknik clustering berbantuan video, (2) menguji keefektifan teknik  clustering  berbantuan video dalam pembelajaran menulis
puisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode  eksperimen  dengan desain  pretest postest control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik  cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu yaitu kelas VIII D
sebagai kelompok eksperimen dan kelas C sebagai kelompok kontrol. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi. Uji validitas isi dilakukan oleh expert judgement. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji  normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara kelompok yang mendapat pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik  clustering  berbantuan video dengan kelompok yang tidak menggunakan teknik clustering berbantuan video pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai t-hitung  sebesar 3,283 dengan df 62 dan diperoleh nilai p sebesar 0,002. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,002<
0,05) yang berarti skor pascates kemampuan menulis puisi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan.
 
Kata kunci: keefektifan, teknik clustering berbantuan video, menulis puisi.

Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi, dan Mike hernacki.

Quantum Learning:

Membiasakan Belajar

Nyaman dan Menyenangkan

diterjemahkan oleh Alwiyah

Abdurrahman. Bandung:

Kaifa

DePorter, Bobbi, Mark DePorter, dan

Sarah Singer-Nourie. 2008.

Quantum Teaching

Mempraktikkan Quantum

Learning di Ruang-ruang

Kelas. Bandung: Kaifa.

Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dan

Pengajarannya. Semarang:

IKIP Semarang Press.

_________________, Esti Swatika Sari,

Beniati Lestyarini. 2011.

Resepsi Kesadara Berbahasa

Secara Kritis (Criticaal

Language A Wareness/Cla)

Dalam Penulisan Karya Fiksi

Pada Guru Dan Siswa SMA

se-Diy. Laporan Peneitian

Hibah Bersaing.UNY:

Yogyakarta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.