PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA PADA SISWA KELAS XI AGAMA DI MAN 1 YOGYAKARTA
Abstract
mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran apresiasi drama kelas XI Agama MAN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu siswa kelas XI Agama MAN 1 Yogyakarta dan guru bahasa Indonesia MAN 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah pembelajaran drama pada kelas XI Agama MAN 1 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti
sendiri. Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi dan peningkatan ketekunan.
Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, ditinjau dari delapan komponen pembelajaran, yakni siswa, guru, tujuan, materi, strategi, media,
metode, dan penilaian. Kedua, faktor pendukung keberhasilan pembelajaran drama dari guru adalah motivasi guru dalam mengajar baik, guru mengajar dengan suasana santai, guru menguasai IT. Faktor pendukung dari siswa adalah motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran drama cenderung baik, ketertarikan siswa dengan materi drama, rasa percaya diri yang tinggi. Sedangkan, dari sekolah adalah sarana prasarana memadai, buku paket lebih dari satu sumber, terdapat ekstrakulikuler jurnalistik. Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran muncul dari berbagai hal antara lain kemampuan
guru dalam bermain peran lemah, minimnya strategi dan metode yang digunakan, lemahnya suara guru, beberapa siswa pasif ketika pembelajaran tanpa media, diskusi kurang efektif, kurangnya waktu latihan drama, terbatasnya buku karya sastra yang menarik di perpustakaan, dan jendela kelas yang rendah. Ketiga, upaya mengatasi
hambatan dengan memaksimalkan kerja guru, memvariasikan metode dan strategi pembelajaran, memaksimalkan penggunaan buku dan membaca buku sastra, melakukan pembaruan buku, siswa harus memiliki kesadaran untuk aktif dan lebih fokus dalam pembelajaran, dan memberi penugasan.
Kata kunci : pembelajaran apresiasi drama, MAN 1 Yogyakarta
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran
Bahasa Berbasis
Pendidikan Karakter.
Bandung: PT Refika
Aditama.
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi
Pembelajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsini. 2000. Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka
Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Damaianti, Vismaia dan
Syamsuddin. 2006. Metode
Penelitian Pendidikan
Bahasa. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Efendi, Anwar. 2002. Diktat Kuliah
Telaah Drama. Yogyakarta:
FBS UNY.
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum
dan Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Harymawan, R.M.A. 1993.
Dramatugi. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexi. 2009. Metode
Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis
Kompetensi Konsep
Karakteristik dan
Implementasi. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta:
BPFE.
Sanjaya, H. Wina. 2007. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-
faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Soeparno. 1980. Media Pengajaran
Bahasa. Yogyakarta: IKIP.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R & D. Bandung: Penerbit
Alfabet.
Suroso. 2015. Drama Teori dan
Praktik Pementasan.
Yogyakarta: Elmatera
Publisher.
Suryaman, Maman. 2010. Diktat
Kuliah Strategi
Pembelajaran Sastra.
Yogyakarta: FBS UNY.
Suryono dan Hariyanto. 2014.
Belajar dan Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Waluyo, Herman J. 2007. Drama
Naskah, Pementasan, dan
Pengajarannya. Suarakarta:
UNS Press.
_________________. 2001. Drama
Teori dan Pengajarannya.
Yogyakarta: Hanindita
Graha Widya.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian
Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.