PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2NGAGLIK SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prosesdan
hasil pembelajaran menulis puisi dengan penerapan pendekatan SAVI pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek
penelitian siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Ngaglik yang terdiri dari 32
siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya
terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, dan tes. Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatan lapangan, hasil tes menulis puisi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dibantu dengan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran dan perilaku siswa selama pembelajaran yang menjadi lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang menjadi lebih baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2
Ngaglik. Peningkatan tampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangat dalam pembelajaran. Suasana yang kondusif dan terbangunnya bentuk kerjasama yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran juga terlihat sebagai bentuk peningkatan proses. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat. Pada Siklus I nilai rata-rata menulis puisi siswa menjadi 78,25, kemudian meningkat menjadi 82,43 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan pendekatan SAVI dapat
meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Ngaglik.
Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, pendekatan SAVI.
hasil pembelajaran menulis puisi dengan penerapan pendekatan SAVI pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Ngaglik, Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek
penelitian siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Ngaglik yang terdiri dari 32
siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya
terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, dan tes. Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatan lapangan, hasil tes menulis puisi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dibantu dengan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran dan perilaku siswa selama pembelajaran yang menjadi lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang menjadi lebih baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2
Ngaglik. Peningkatan tampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangat dalam pembelajaran. Suasana yang kondusif dan terbangunnya bentuk kerjasama yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran juga terlihat sebagai bentuk peningkatan proses. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat. Pada Siklus I nilai rata-rata menulis puisi siswa menjadi 78,25, kemudian meningkat menjadi 82,43 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan pendekatan SAVI dapat
meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Ngaglik.
Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, pendekatan SAVI.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu
Pendeakatan Praktik.
Yogyakarta: Rhineka Cipta.
Enre, Fachrudin Ambo. 1988. Dasar-
dasar Keterampilan Menulis.
Jakarta: Depdikbud.
Meier, Dave. 2005. The Accelerated
Learning Handbook.
Terjemahan oleh Rahmani
Astuti. 2002. Bandung: Kaifa.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010.
Penilaian dalam
Pembelajaran Bahasa dan
Sastra. Yogyakarta:
BPFE.
Refbacks
- There are currently no refbacks.