PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI POSSE (PREDICT, ORGANIZE, SEARCH, SUMMARIZE, EVALUATE) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 14 YOGKAYARTA

Suryaningtyas Budi Astuti,

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang ditemui pada saat pembelajaran membaca pemahaman di kelas VIII B SMP Negeri 14 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan strategi POSSE pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 14 Yogyakarta.   
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, wawancara dengan guru dan siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas hasil, validitas proses, validitas dialog, dan validitas demokratis) serta reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi POSSE pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, terlihat dari kondisi siswa yang lebih cepat dalam menuangkan latar belakang pengetahuan tentang isi teks, lebih aktif dalam pembuatan peta semantik, dan memiliki motivasi membaca tanpa diminta oleh guru. Peningkatan kualitas proses pembelajaran berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Peningkatan kualitas produk pembelajaran terlihat dari hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang
hasil belajarnya telah memenuhi standar KKM. Pada saat pratindakan hanya terdapat 1 (3,45%) siswa yang memenuhi standar KKM, pada akhir siklus I meningkat menjadi 19 (65,51%) siswa, dan pada akhir siklus II meningkat lagi, menjadi 25 (86,21%) siswa.  
 
Kata Kunci: membaca pemahaman, strategi POSSE
 
 
 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, Suhardjono, dan

Supardi. 2006. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka

Cipta.

Englert, Carol Sue dan Troy V. Mariage.

“Making students partners

in the comprehension process:

Organizing the reading

“POSSE”.Learning Disability

QuartelyVol. 14, No. 2 (Spring,

, pp 123-138. Diunduh dari

www.jstor.orgpada tanggal 6

Januari 2017 pukul 11.21 WIB.

Klingner, Janette K., Sharon Vaughn, &

Alison Boardman. 2007. Teaching

Reading Comprehension to

Students with Learning

Difficulties. New York: The

Guilford Press.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2016.

Psikolinguistik Edukasional

Psikolinguistik untuk Pendidikan

Bahasa. Yogyakarta: Tiara

Wacana.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Soedarso. 2000. Speed Reading Sistem

Membaca Cepat dan Efektif.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Westwood, Peter. 2008. What Teachers

Need to Know about Reading and

Writing Difficulties. Victoria:

Design and Typography ACER

Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.