PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI POSSE (PREDICT, ORGANIZE, SEARCH, SUMMARIZE, EVALUATE) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 14 YOGKAYARTA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, wawancara dengan guru dan siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas hasil, validitas proses, validitas dialog, dan validitas demokratis) serta reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi POSSE pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, terlihat dari kondisi siswa yang lebih cepat dalam menuangkan latar belakang pengetahuan tentang isi teks, lebih aktif dalam pembuatan peta semantik, dan memiliki motivasi membaca tanpa diminta oleh guru. Peningkatan kualitas proses pembelajaran berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Peningkatan kualitas produk pembelajaran terlihat dari hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang
hasil belajarnya telah memenuhi standar KKM. Pada saat pratindakan hanya terdapat 1 (3,45%) siswa yang memenuhi standar KKM, pada akhir siklus I meningkat menjadi 19 (65,51%) siswa, dan pada akhir siklus II meningkat lagi, menjadi 25 (86,21%) siswa.
Kata Kunci: membaca pemahaman, strategi POSSE
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini, Suhardjono, dan
Supardi. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka
Cipta.
Englert, Carol Sue dan Troy V. Mariage.
“Making students partners
in the comprehension process:
Organizing the reading
“POSSE”.Learning Disability
QuartelyVol. 14, No. 2 (Spring,
, pp 123-138. Diunduh dari
www.jstor.orgpada tanggal 6
Januari 2017 pukul 11.21 WIB.
Klingner, Janette K., Sharon Vaughn, &
Alison Boardman. 2007. Teaching
Reading Comprehension to
Students with Learning
Difficulties. New York: The
Guilford Press.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2016.
Psikolinguistik Edukasional
Psikolinguistik untuk Pendidikan
Bahasa. Yogyakarta: Tiara
Wacana.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Soedarso. 2000. Speed Reading Sistem
Membaca Cepat dan Efektif.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Westwood, Peter. 2008. What Teachers
Need to Know about Reading and
Writing Difficulties. Victoria:
Design and Typography ACER
Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.