KEEFEKTIFAN CORI (CONCEPT ORIENTED READING INSTRUCTION) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Galuh Ayuning Tyas,

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui,  1)  perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks biografi  antara  siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi CORI dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi 5M ; 2)  keefektifan strategi  CORI  dalam  pembelajaran membaca pemahaman teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta.
  Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen semu, dan desain penelitian  pretest-posttest control group. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi  CORI  dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman teks biografi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik  cluster random sampling,  diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen.  Validitas isi dengan expert judgement,  sedangkan validitas konstruk dengan program  Iteman.
Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program  Iteman. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji t pada program komputer SPSS versi 20.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan skor pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen.
  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ada perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks biografi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi  CORI  dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi 5M. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05=signifikan); 2) strategi CORI  terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta.  Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil Uji t kelompok eksperimen diperoleh nilai  p  sebesar 0,000 (p<0,05=signifikan). Gain score  kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 4,67 (KE>KK=efektif).
 
Kata kunci: Biografi, CORI, Keefektifan, Membaca, Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Adler, Mortimer J dan Charles Van

Doren. (1972). How to read a

book: The Classical Guideto

Intelligent Reading. New York:

Simon & Schuster. (Terjemahan

dalam bahasa Indonesia oleh A.

Santoso dan Ajeng AP. (2007).

How to read a book: Cara Jitu

Mencapai Puncak Tujuan

Membaca. Jakarta: iPublishing).

Fuad, Zulfikar. (2012). The Secret Of

Biography: Rahasia Menulis

Biografi Ala Ramadhan K.H.

Jakarta: Akademia Permata.

Guthrie, John.T, Solomon Alao,

Jennifer M. Rinehart. (1997,

Maret). Engagement in

Reading for Young

Adolescents. Journal of

Adolescent & Adult

Literacy. 40 [6] 438-446.

Diunduh pada 17 Januari

dari

http://www.proquest.com.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata

Pelajaran Sekolah

Menengah Atas/ Madrasah

Aliya /Sekolah Menengah

Kejuruan

SMA/MA/SMK/MAK).

Jakarta: Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Ruddell, Rapp & Martha. (2007).

Teaching Content Reading

and Writing, 5th Edition.

Viginia: Wiley Global

Education.

Saraswati, Niken. (2013). The

Effectiveness of Concept

Oriented Reading Instruction

(CORI) to Teach Reading

Manual Text Viewed from

The Students’ Reading

Interest. Skripsi UNS.

Surakarta: Prodi Pendidikan

Bahasa Inggris.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.