KEEFEKTIFAN CORI (CONCEPT ORIENTED READING INSTRUCTION) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA
Abstract
membaca pemahaman teks biografi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi CORI dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi 5M ; 2) keefektifan strategi CORI dalam pembelajaran membaca pemahaman teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen semu, dan desain penelitian pretest-posttest control group. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi CORI dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman teks biografi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Validitas isi dengan expert judgement, sedangkan validitas konstruk dengan program Iteman.
Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program Iteman. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji t pada program komputer SPSS versi 20.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan skor pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ada perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks biografi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi CORI dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi 5M. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05=signifikan); 2) strategi CORI terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil Uji t kelompok eksperimen diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,05=signifikan). Gain score kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 4,67 (KE>KK=efektif).
Kata kunci: Biografi, CORI, Keefektifan, Membaca, Pemahaman
Full Text:
PDFReferences
Adler, Mortimer J dan Charles Van
Doren. (1972). How to read a
book: The Classical Guideto
Intelligent Reading. New York:
Simon & Schuster. (Terjemahan
dalam bahasa Indonesia oleh A.
Santoso dan Ajeng AP. (2007).
How to read a book: Cara Jitu
Mencapai Puncak Tujuan
Membaca. Jakarta: iPublishing).
Fuad, Zulfikar. (2012). The Secret Of
Biography: Rahasia Menulis
Biografi Ala Ramadhan K.H.
Jakarta: Akademia Permata.
Guthrie, John.T, Solomon Alao,
Jennifer M. Rinehart. (1997,
Maret). Engagement in
Reading for Young
Adolescents. Journal of
Adolescent & Adult
Literacy. 40 [6] 438-446.
Diunduh pada 17 Januari
dari
http://www.proquest.com.
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata
Pelajaran Sekolah
Menengah Atas/ Madrasah
Aliya /Sekolah Menengah
Kejuruan
SMA/MA/SMK/MAK).
Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Ruddell, Rapp & Martha. (2007).
Teaching Content Reading
and Writing, 5th Edition.
Viginia: Wiley Global
Education.
Saraswati, Niken. (2013). The
Effectiveness of Concept
Oriented Reading Instruction
(CORI) to Teach Reading
Manual Text Viewed from
The Students’ Reading
Interest. Skripsi UNS.
Surakarta: Prodi Pendidikan
Bahasa Inggris.
Refbacks
- There are currently no refbacks.