KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL
Abstract
keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunaan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik, dan (2) keefektifan penggunaan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik dalam pembelajaran menulis cerpen.pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eskperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik, sedangkan variabel terikat berupa keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert
judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes menulis cerpen. Analisis data menggunakan uji-t dan gain score.
Hasil penghitungan uji-t skor posttest menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam menulis cerpen (𝑝 = 0,252). Hasil penghitungan gain score memperlihatkan nilai normalized gain score kelompok eksperimen (0,24) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (0,16). Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul.
Kata kunci: Keefektifan, strategi Questions Into Paragraphs (QUIP), komik,
menulis cerpen
Full Text:
PDFReferences
Andini, Novara Lusy. 2013.
Keefektifan Strategi
Image Streaming dalam
Pembelajaran Menulis
Cerpen Pada Siswa Kelas
X SMA 10 Yogyakarta
Skripsi S1. Yogyakarta.
Program Pendidikan
Bahasa dan Sastra
Indonesia, FBS UNY.
Apriyani, Lina. 2013. Keefektifan
Strategi Questions Into
Paragraphs (QUIP)
dalam Pembelajaran
Menulis Karangan
Deskripsi pada Siswa
Kelas XI SMK YPE
Sawunggalih Kutoarjo.
Skripsi S1. Yogyakarta.
Program Pendidikan
Bahasa dan Sastra
Indonesia, FBS UNY.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur
Penelitian Suatu
Pendekatan
Praktik.Jakarta: Rineka
Cipta.
Cresswell, J. W. 2012. Educational
Research: Planning,
Conducting, and
Evaluating Quantitative
and Qualitative
Research. Boston:
Pearson.
Hake, Richard. (1998). Interactive-
engagement versus
traditional methods: A
six-thousand-student
survey of mechanics test
data for introductory
physics courses.
American Journal of
Physics, 66(1), 64-74.
doi: 10.1119/1.18809
Handayani NN. 2005. Efektivitas
Media Komik Pada
Pembelajaran Kimia
Interaktif terhadap hasil
belajar siswa kelas II
materi pokok
Termokimia di SMU N 3
Pekalongan Tahun
Ajaran 2004/2005.
Semarang. Skripsi S1.
Semarang: FMIPA
UNNES.
Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012.
Penulisan Sastra Kreatif.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas
Menulis. Yogyakarta:
Ombak.
McCloud, S. Terjemahan Kinanti.
Understanding
Comics (Memahami
Komik). Jakarta:
Kepustakaan Populer
Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra
Anak: Yogyakarta:
Gadjah Mada University
Press.
__________________. 2015.
Statistik Terapan untuk
Penelitian Ilmu-ilmu
Sosial. Yogyakarta:
Gadjah Mada University
Press.
.________________.2010a.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta:
BPFE.
___________________. 2010b.
Teori Pengkajian Fiksi.
Yogykarta: Gadjah Mada
University Press.
_________________.2014 Penilaian
Pembelajaran Bahasa
Berbasis Kompetensi.
Yogyakarta: BPFE.
Nurhayati. 2008. “Berbagai Strategi
Pembelajaran Bahasa
dapat Meningkatkan
Kemampuan Berbahasa
Siswa”. Jurnal Lingua
Bahasa dan Sastra Vol. 9,
No. 2.
Rohani A. 2014. Media Instruksional
Edukatif. Jakarta: Rineka
Cipta.
Santosa, Wijaya Hetu dan
Wahyuningtyas, Sri.
Pengantar
Apresiasi Prosa.
Surakarta: Yuma
Pustaka.
Sayuti, Suminto. 2000. Berkenalan
dengan Prosa Fiksi.
Jakarta: Gama Media.
___________________dkk. 2009.
Modul Menulis Fiksi.
Yogyakarta: Pendidikan
Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas
Bahasa dan Seni,
Universitas Negeri
Yogyakarta.
Soemardjo, Jacob. 2007. Menulis
Cerpen. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Sudjana N & A Rivai. 2010. Media
Pengajaran. Bandung:
Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Tethy, Ezokanzo & Dian K. 2014.
Komik Cerita Rakyat
Indonesia 1 (Sumatra,
Bali, Nusa Tenggara).
Jakarta: PT Bhuana Ilmu
Populer.
___________________. 2014.
Komik Cerita Rakyat
Indonesia 2 (Jawa,
Maluku, Papua). Jakarta:
PT Bhuana Ilmu Populer.
Wiesendanger, Katherine D. 2001.
Strategies for Literacy
Education. Ohio: Merrill
Prentice Hall.
Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian
Sastra. Yogyakarta:
Pustaka Book Publisher.
Yunus,Syarifudin. 2015. Kompetensi
Menulis Kreatif. Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Zainurrahman. 2011. Menulis Dari
Teori Hingga Praktik.
Bandung: Alfabet
Refbacks
- There are currently no refbacks.